Abstract:
SINTYA FEBRIANTI. 021120098. Hubungan Efektivitas promosi dan presepsi
harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada Le Eminence Puncak Hotel
Convention & Resort) dibawah bimbingan : Aditya Prima Yudha dan Agus Setyo
Pranowo. 2024.
Para pelaku usaha perhotelan di Indosesia sebagai sarana untuk
menawarkan produk jasa pelayanan hotel / penginapan. Hal ini membuat para
pelaku usaha yang menawarkan produk jasa dan fasilitas semakin meningkat. Oleh
karena itu, promosi dan persepsi harga yang kompetitif menjadi pertimbangan
dalam memilih hotel atau jasa pelayanan penginapan. Keputusan pembelian
konsumen yang tinggi dapat menghasilkan peningkatan volume penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan
persepsi harga terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kuantitatif, dengan responden
customer / pengunjung Le Eminence Puncak Hotel Convention & Resort yang
menggunakan. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling
dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus slovin.
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data yaitu
analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukan bahwa antara promosi dan
persepsi harga terhadap keputusan pembelian memiliki pengaruh yang positif
signifikan. Hasil uji regresi linear berganda berada pada koefisien konstanta sebesar
7.220, koefisien promosi (X1) sebesar 0.139, koefisien persepsi harga (X2) sebesar
0.804. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y = 7,220 + 0,139 X1 + 0,804 X2
Yang artinya memiliki tingkat pengaruh yang positif. Kemudian untuk koefisien
determinasi keseluruhan yaitu sebesar 55.6% artinya harga dan ulasan berkontribusi
sebesar 55.6% dan sisanya sebesar 44.4% dikontribusi dari variabel lain yang tidak
ada dalam penelitian ini.
Kata kunci : Promosi, Persepsi harga, keputusan pembelian