Abstract:
HAFLAH FADHILLAH. 021119340. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Kue Lapis Talas Golden France. Di bawah bimbingan: FREDI
ANDRIA dan HASRUL. 2024.
Persaingan industry dalam industri kue lapis talas merupakan tantangan bagi Golden France
karena munculnya kompetitor dengan produk merek unggulan di kota Bogor seperti
Sangkuriang, Siliwangi, Lapis Talas Arasari, Rumah Talas Bogor, dan Bogor Kunanti.
Banyak konsumen, terutama generasi milenial dan Z, memilih produk bukan hanya karena
kualitas terbaik, tetapi juga karena citra merek. Riset menunjukkan bahwa 64% konsumen
mempertimbangkan nilai bersama sebagai alasan utama dalam memilih merek. Kualitas
produk juga menjadi isu penting untuk bersaing dan memenuhi kebutuhan konsumen dalam
melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif. Pada teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non - probability dengan teknik
Purposive Sampling Penentuan ukuran sampel dari populasi menggunakan rumus Slovin
dengan tingkat error 10%. Metode pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan
persamaan pemodelan structural equation modeling (SEM). Pengujian dengan metode SEMPLS
menunjukan bahwa variabel citra merek (X1) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap variabel keputusan pembelian, dengan perolehan Path Coefficient sebesar 0.220,
lalu besaran P-value 0.005 dan nilai T-statistic 2.850. Variabel kualitas produk (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan perolehan Path
Coefficient sebesar 0.623, serta P-value 0.000 dan T-statistic 7.177. Dan dimana variabel
keduanya citra merek (X1) dan kualitas produk (X2) secara bersama-sama berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dengan perolehan Path Coefficient
citra merek 0.220 dan kualitas produk 0.623, lalu besaran P-value citra merek 0.005 dan
kualitas produk 0.000, dan nilai T-statistic citra merek 2.850 dan kualitas produk 7.177.
Kata Kunci : citra merek, kualitas produk, keputusan pembelian