Abstract:
RAYHAN FIKRI AGMA 021119324 Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Ponsel Iphone (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Program Studi Manajemen Universitas Pakuan Angkatan 2019). Dibawah bimbingan ERIK IRAWAN SUGANDA dan BAYU DWI PRASETYO. 2023.
Perkembangan industri smartphone di indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan yang besar. Semua golongan masyarakat dari bawah sampai keatas dapat menggunakan smartphone dalam berbagai keperluan baik untuk urusan bisnis, keluarga ataupun keperluan lainnya. Tren jumlah pendapatan pada produk ponsel Iphone pada kuartal II 2022 ke kuartal II 2023 mengalami penurunan sebesar 2,44%. Informasi data dari perusahaan riset international data corporation (IDC) menerbitkan laporan mengenai riset data penjualan smartphone secara global. Laporan tersebut menunjukan terjadinya penurunan penjualan pada smartphone by vendor dimana merek ponsel yang menduduki paling pertama yaitu samsung, kedua Apple dan ketiga Xiomi. Apple merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perangkat keras dan lunak, diantaranya perangkat keras yang dibuat oleh Apple adalah Iphone. Iphone merupakan smarthphone buatan Apple pertama kali, yang diluncurkan tahun 2007. Iphone mencoba masuk di pasar dengan konsep yang berbeda, bisa dilihat dari aspek harga, dan kualitas produk tersebut. Iphone yang sekarang bisa dikatakan memiliki citra merek yang khas, karena menggunakan system informasi yang khas. Citra merek Iphone di kalangan global merupakan produk nomor 1, pengguna Iphone dapat mengenali dan mengoperasionalkan produk Iphone dengan mudah karena Iphone di rancang untuk kemudahan mobilitas dan bentuk fisik yang khas. Iphone dirancang dengan sistem operasi yang berbeda dengan smartphone lain, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan teknik penelitian kuantitatif yang diperoleh dari kuesioner peneliti. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah variabel citra merek, kualitas produk dan persepsi harga. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan penarikan sampel dengan metode probabilitas dengan teknik Purposive Sampilng. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t nilai thitung (X1) thitung > ttabel ( 6,245 > 1,666), nilai thitung (X2) thitung > ttabel ( 8,170 > 1,666), dan thitung (X3) thitung > ttabel (10,064 > 1,666) dengan signifikan t sebesar 0,000 karena nilai signifikansi sebesar 0,000 pada tingkat signifikansi 0,1. Dapat disimpulkan bahwa 0,000 < 0,1 dapat diartikan secara parsial bahwa variabel X1, X2 dan X3 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. sedangkan hasil uji f Fhitung adalah sebesar 44,530 sedangkan nilai Ftabel untuk taraf (a) sebesar 10% serta df (N1) = K – 1, df (N2) = n-k yaitu df (N1) = 4 -1 = 3 dan df (N2) = 78 – 4 = 74 adalah 2,16. Dalam kata lain Fhitung > Ftabel yaitu 44,530 > 2,16 sehingga dapat dikatakan H0 Ditolak, H1 Diterima. Artinya citra merek, kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian