Abstract:
THERESIA PRICILLIA SIAHAAN. 021120290. Determinan Keputusan Pembelian Ditinjau Dari Aspek Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pada Commando Coffee Bogor. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan IMAN HILMAN. 2024.
Bisnis kuliner di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pertumbuhan industri makanan dan minuman juga didorong oleh perkembangan industri kopi yang sukses. Maraknya bisnis kopi saat ini membuat pelaku usaha harus memiliki ide yang inovatif untuk dapat mempertahankan usaha nya. Commando Coffee memiliki lokasi yang cukup stategis yang berada dekat dengan jalan utama Keradenan. Namun, belakangan ini, coffee shop tersebut mulai mengalami penurunan pendapatan yang signifikan. Hal ini diduga disebabkan oleh beberapa faktor diantarannya kualitas produk dan kualitas pelayanan sehingga membuat keputusan pembelian dari Commando Coffee mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Commando Coffee.
Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu adalah Non – probability sampling dengan teknik snowball sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan kriteria masyarakat kabupaten bogor berusia 18-25 tahun dan konsumen yang pernah mengunjungi Commando Coffee. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert, yang kemudian data tersebut diolah melalui uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS, analisis deskriptif dan Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan aplikasi SmartPLS versi 3.0.
Hasil analisis Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS) menunjukkan bahwa variabel laten kualitas produk tidak berpengaruh secara positif terhadap variabel laten keputusan pembelian dengan T-statistik sebesar 1,402. Variabel laten kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel laten keputusan pembelian dengan T-statistik sebesar 7,167.
Kata kunci: kopi, kualitas pelayanan, kualitas produk, keputusan pembelian