Abstract:
ZIECHO REY RN. 021118425. Analisis Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Xiaomi (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Di bawah bimbingan ADITYA PRIMA YUDHA dan TOWAF TOTOK IRAWAN. 2024.
Indonesia merupakan negara dengan potensi pasar smartphone yang cukup besar. Dengan besarnya peluang dalam industri ini secara otomatis juga diikuti dengan persaingan yang sangat ketat antar kompetitor. Promosi dan brand image merupakan hal yang penting karena dapat menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam memilih merek smartphone sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada mahasiswa manajemen Fakultas Ekonosmi dan Bisnis Universitas Pakuan.
Penelitian ini terdiri dari promosi dan brand image sebagai variabel independen dengan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian adalah mahasiswa manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Pemilihan responden dilakukan dengan pendekatan non probability sampling dengan metode purposive sampling dengan kriteria Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor dan pengguna smartphone Xiaomi. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang didapatkan dari hasil perhitungan menggunakan rumus slovin.
Berdasarkan hasil olah data uji t diperoleh hasil bahwa variabel promosi dan variabel brand image berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian secara parsial. Hasil dari uji f menunjukkan bahwa nilai Fhitung 169,382 > Ftabel 3,09 dengan tingkat signifikan 0,000 < dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa variabel promosi dan brand image secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Promosi dan brand image memiliki pengaruh sebesar 78,5 % terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi sedangkan 21,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Promosi, Brand Image, Keputusan Pembelian, Smartphone, Xiaomi