FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Gopaylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Produk Fashion Pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Generasi Z Perempuan Di Kota Bogor)

Show simple item record

dc.contributor.author Fitriyatunnisa, Azmi
dc.date.accessioned 2024-08-22T06:10:42Z
dc.date.available 2024-08-22T06:10:42Z
dc.date.issued 2024-07-18
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8841
dc.description.abstract AZMI FITRIYATUNNISA. 021120160. Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Gopaylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Produk Fashion Pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Generasi Z Perempuan Di Kota Bogor). Dibawah bimbingan: Yuary Farradia dan Fredi Andria, 2024. Perkembangan teknologi dan internet yang pesat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan era digital. Berdasarkan teori TAM (Technology Acceptance Model) persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan menjadi alasan mengapa seseorang menggunakan suatu teknologi. Gopaylater adalah salah satu layanan paylater yang disediakan oleh Gopay dan dapat digunakan pada beberapa e-commerce yang telah terintegrasi dengan Gopay. Fenomena pada e-commerce Tokopedia menunjukkan rendahnya transaksi pembelian fashion menggunakan metode pembayaran Gopaylater dibandingkan dengan produk makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan Gopaylater mempengaruhi impulse buying produk fashion pada e-commerce Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden generasi Z perempuan pengguna Gopaylater di Kota Bogor yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Analisis dilakukan dengan analisis deskriptif serta analisis SEM-PLS menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, semakin tinggi manfaat yang dirasakan oleh pengguna Gopaylater, maka semakin tinggi minat konsumen untuk berbelanja sedangkan kemudahan penggunaan berpengaruh tidak signifikan terhadap impulse buying walaupun pada uji analisis deskriptif rata-rata responden menjawab setuju terhadap kemudahan penggunaan Gopaylater namun tetap tidak mempengaruhi impulse buying konsumen. Kata kunci: TAM, Persepsi manfaat, Kemudahan penggunaan, Impulse buying en_US
dc.description.sponsorship Yuary Farradia - Fredi Andria en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject TAM, Persepsi manfaat, Kemudahan penggunaan, Impulse buying en_US
dc.title Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Gopaylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Produk Fashion Pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Generasi Z Perempuan Di Kota Bogor) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account