Abstract:
EVA SITI AZIZAH. 021119205. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Discount Terhadap
Impulse Buying pada Konsumen Pengguna Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi
Manajemen Universitas Pakuan). Di bawah bimbingan : SRI HIDAJATI RAMDANI dan
BAYU DWI PRASETYO. 2023.
Saat ini perkembangan teknologi internet di indonesia semakin pesat, perkembangan
teknologi juga mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Pesatnya jaringan internet di era ini
menimbulkan fenomena yaitu dengan munculnya e-commerce. Sektor perdagangan yaitu
salah satu sektor terpengaruh oleh kemajuan internet. Hal ini terjadi karena masyarakat lebih
memilih berbelanja online dibanding offline mulai dari efesinsi waktu, tenaga, dan lebih
banyak pilihan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh shopping
lifestyle dan discount terhadap impulse buying pada konsumen pengguna shopee studi kasus
Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pakuan).
Penelian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan responden Mahasiswa Program Studi
Manajamen Universitas Pakuan tahun akademik 2019-2022 pengguna aplikasi Shopee.
Pemilihan responden dengan cara non probability sampling dengan metode purposive
sampling dengan total 100 responden berdasarkan perhitungan rumus slovin. Pengumpulan
data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis regresi
linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan setelah dilakukan analisis regresi linier berganda diketahui
bahwa shopping lifestyle berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap impulse buying,
discount berpengaruh secaran parsial dan signifikan terhadap impulse buying. Hasil analisis
Shopping lifestyle dan discount berpengaruh secara simultan terhadap impulse buying.
Kontribusi yang diberikan shopping lifestyle dan discount sebesar 40,5% terhadap impulse
buying, sedangkan 59,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam
penelitian ini.
Kata kunci : shopping lifestyle, discount, impulse buying