Abstract:
HENDRICO RIZKI ANDREAN. 021117353. Implementasi Strategi Pemasaran Digital Pada Umkm (Studi Kasus Katering Tawang Alun). Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA, dan DONI WIHARTIKA, 2022.
Strategi pemasaran yang kurang tepat menjadi salah satu hal yang dapat menyebabkan turunnya tingkat omzet dan laba bersih pada periode 2017 hingga 2020 dan CV. Tawang Alun belum menerapkan pemasaran digital. Oleh sebab itu, penelitian dengan judul Implementasi Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM (Studi Kasus Katering Tawang Alun) dibentuk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi yang tepat dengan kondisi perusahaan dan untuk mengetahui manfaat dari penggunaan pemasaran digital di media sosial pada target pasar katering sehingga dapat memberikan manfaat pada CV. Tawang Alun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif non-statistic pada studi kasus. Alat analisis yang digunakan yaitu matriks IFE untuk menganalisa faktor internal perusahaan, matriks EFE untuk menganalisa faktor eksternal perusahaan, dan matriks IE untuk menentukan strategi perusahaan yang tepat sesuai kondisi perusahaan. Hasil dari penelitian ini diketahui matriks IFE sebesar 2,729, matriks EFE sebesar 2,345. Perumusan strategi yang telah diolah menggunakan matriks SWOT, IE, dan QSPM diketahui bahwa strategi penetrasi pasar merupakan yang paling sesuai untuk diterapkan. Solusi untuk pengimplementasian pemasaran digital yaitu mengorganisir struktur perusahaan dengan baik, meminimalisir anggaran atau bekerjasama dengan investor dalam membentuk pemasaran digital serta merekrut karyawan yang sesuai kriteria dengan menggunakan berbagai media