Abstract:
RESKA FITRIAWATI LESTARI. NPM 021106064. Pengaruh Pcngembangan Pasar
Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Sinar Sosro Bekasi Jawa Barat. Dibawah
bimbingan: SRI HARTINI dan TUTUS RULLY.
PT. Sinar Sosro adalah merupakan produsen dan perintis minuman Teh Slap
Minum Perusahaan ini memproduksi dan mendistribusikan produk tninunian bomerek,
yang meliputi minnman teh slap minum sq)erti Teh Botol, Fruit Tea, Tctos Tea With
Soda, Joy Tea Green, S-tee, Happy Jus, Prim-a dan juga produk minuman kemasan
lainnya. Dalam menghad^i persaingan dan untuk meningkatkan segmen pasar, PT Sinar
Sosro mftlalnilfan pengembangan pasar. Pengembangan pasar yang dilakukan oleh PT.
Sinar Sosro adalah meningkatkan dan mengemban^can produknya dengan cara
menambah jenis produksi serta menanibah jenis kemasan agar menarik para konsumen.
Hasil penjualan dari pengembangan pasar pada PT. Sinar Sosro untuk biaya produk
berada dibawah standarisasi perusaluuui, sedangkan untuk biaya promosi berada diatas
standarisasi perusahaan, maka dari itu perusahaan melakukan praigembangan pasar.
Dalam iq)aya pengembangan pasar dibutuhkan pertimbangan yang dapat membuat pasar
produk semalHn luas dan membuat orang tctap memilih serta memakai produk yang
Hihasilkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah salah satunya yaitu produk yang
ditawarkan, apakah menarik minat konsumen imtuk mencoba dan apakah dapat
berpengaruh Halam keberhasilan pemasaran.
Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan pada PT. Sinar Sosro Bekasi Jawa
Barat, adalah sd)agai berikut:
1. Untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan pasar Teh Botol Sosro yang
Hilalfiilcan pada PT. Sinar Sosro Bekasi Jawa Barat?
2. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan penjualan Teh Botol Sosro pada PT.
Sinar Sosro ?
3. Untuk mengetahui pengaruh pengembangan pasar terhadap peningkatan penjualan
Teh Botol Sosro pada PT. Sinar Sosro Bekasi Jawa Barat ?
Sedangkan metode yang digunakan ialah Metode Analisis Uji Hipotesis Statistik
dengan cara merumuskan Hipotesis Pengujian dan menghitung Nilai Uji Statistik (
Pengujian Hipotesis ).
Dapat dilihat bahwa persentase simpangan baku sd}elum pengembangan pasar
sdjesar 2,67%,dan setelah adanya pengen^angan pasar sebesar 25,07%, mengalami
peningkatan sebesar 22,4%. Peningkatan tersebut tetjadi disdjabkan oleh adanya
kenaikan tingkat penjualan khususnya untuk periode triwulan ke 9 sampai dengan
triwulan ke 12. Ini berarti bahwa hubungan antara pengembangan pasar dengan
peningkatan penjualan men^unyai hubungan yang erat positif. Sedangkan dari
perhitunganujih^otesisnyadidapatkesin[9uIan^tvng(3>336) lebihbesar dari ttabei(l,943).
Hal tersebut membuktikan b^wa secara signihkan dengan a 0,05 pengaruh
pengembangan pasar men^unyai pengaruh positif terhadap peningkatan penjualan pada
PT. Sinar Sosro.