Abstract:
R. OINA ARFIANA. NPM 021106107. Petiganih Penetapan Haiga Jual Accu Mobil
terhadap Omset Penjualan pada Bengkel dan Toko Spare Part Barokah Motor Bogor.
Dibawah Bimbingan: SRI HARTINI dan YETTY HUSNUL HAYATI.
Penetapan haiga merupakan salah satu stiategi yang sangat penting bagt
penis^aan. Di dalam mcnetapkan harga, perusahaan haras mempertimbangkan sifet
persain^ yang terjadi di pasar karena apabila menetapkan haiga yang salah, hal ini akan
mengakibatkan penuranan omset penjualan dan merupakan bahaya bagi ifftinngciingan
hidup perusahaan yang bersangkutan. Peisaingan merupakan sal^ satu fnaggiah yang
diha^i oleh Beimel dan Toko Spare Part Barokah Motor Bogor Halam nsaha untuk
meningkatkan omset penjualan.
Bengkel dan Toko Spare Part Barokah Motor Bogor dalam menetapkan haiganya
menggunakan metodeMirk Up atau penetapan harga berbasiskan biaya, dimana metode
mark up ini diterapkan terhadap produk yang dibeli untuk dijual kembali pada pihak lain
(tanpa memerlukan pengolahan lebih lanjut).
Adapun tujuan daii penelitian ini adalah untuk mengetahui metode penetapan haiga
jual yang dilakukan oleh Bengkel dan Toko Spare Part Barokah Motor Bogor, untuk
mengetahui omset penjualan accu mobil pada Bengkel dan Toko Spare Part Ramifah
Motor Bogor, dan untuk mengetahui pengarah penetapan haiga jual accu mobil tgrhaHap
omset penjualan pada Bengkel dan Toko Spare Part Barokah Motor Bogor.
Penelitian ini dilakukan di Bengkel dan Toko Spare Part Barokah Motor Bogor
yang beigerak dalam bidang penjualan accu mobil dan spare part IffinHaraan bermotor
serta servis segala jenis kendaraan bermotor. Jenis penelitian aHalah Deskiiptif
(EksploratiQ dengan metode penelitian adalah Studi Kasus, yaitu penelitian tentang status
subjck penelitian yang bericenaan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keselurahan
personalitas seperti halnya penetapan harga jual accu mobil terhadap omset penjualan
yang penulis ambil sebagai objek penelitian dan sebuah personalitas yaitu perusahaan
dengan teknik penelitian yang digunakan adalah Statistik Kuantitatif. Metode analisis
yang digunakan yaitu analisis regrcsi beiganda, korelasi serta uji hipotesa.
Dari pene^an haiga yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa secaia keselurahan
penetapan haiga jual accu pada Bengkel dan Toko Spare Part Barokah Motor Bogor
sangat baik, hal ini bisa dilihat dari lata-iata peningkatan haiga juali^ dari tahun 2008
san^ tahun 2010 di bawah 10%, yaitu untuk Accu Yuasa 0,96% dan Accu GS 0,74%,
sehin^ penetapan haiga jual accu dapat dikatakan sangat baik.
Secaia keselurahan penjualan accu pada Bengkel dan Toko Spare Part Barokah
Motor Bogor kuiang baOc, hal ini bisa dilihat dari peningkatan penjualan perusahaan dari
tahun 2008 sangiai tahun 2010 di bawah 10%, sehingga penjualan accu yang Hilalnilfan
oleh perusahaan dapat dikatakan kurang baik.
r = 0,773 menunjukkan nilai yang mendekati +1, berarti penetapan haiga
mempunym hubungan yang kuat dan positif teifaadap omset penjualan, ini berarti bahwa
setiap teqadi peningkatan penetapan haiga akan diikuti oleh peningkatan omset
penjualan, sedangkan Coefisien Determination (R Square) s^iesar 0, 598 yang artinya
59,8% peningkatan omset penjualan dipengaruhi oleh penetapan haiga dan selebihi^
sdiesar 40,2% dipengaruhi &ktor lainnya yang tidak dianalisis.
Jika dilihat p^ label ANOVA di atas bahwa nilai F adalah 5,201, sedangkan Fbbei
(a : 0,05) dengan nilai numerator (Vi) = 1 dan daiumerator (V2) = 4 aHaiah 4,797. jadi
Fuiuig > Fiabd dengan demikian, Ho ditolak dan Hi diteiima. Dapat disimpulkan bahwa
penetapan haiga accu Yuasa dan penetsqian haiga accu GS dan secara bersama-sama
beipengarah secara positif teifaadap omset penjualan. Dengan demikian, &ktor penjelasan
penetapan haiga melalui penetapan haiga accu Yuasa dan penetapan haiga accu GS dapat
digunakan untuk meningkatkan omset penjualan.