Abstract:
SENTI DANAYANTI. NPM 021106200. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap
Tingkat Kepuasaan Pelanggan Listrik pada PT. PLN UPJ Cibadak Sukabumi.
Dibawah bimbingan : SRI MARTINI dan SRI PUDJAWATI.
Pelmggan sebagai salah satu faktor yang sangat penting bagi perusahaan, oleh karena itu
pelan^an hams memperhatikan dan di jaga loyalitasnya terhadap produk atau jasa, oleh karena
Itu pelanggan hams diperhatikan dan di jaga loyalitasnya terhadap produk dan jasa pemsahaan
Dalam hal in! kepuasan pelanggan hams diutamakan, sebab apabila konsumen merasa puas atas
produk dan pelayanan yang perusahaan berikan maka pelanggan akan cendrung loyal terhadan
produk atau jasa pemsahaan tersebut.
PT. PLN (Persero) adalah pemsahaan yan bergerak di bidang jasa, yaitu jasa listrik, tetapi
juga dapat melayani kebutuhan akan barang-barang yang erat dengan jasa itu sendiri. Dalam
proses pemasaranya PT. PLN (Persero), sangat memperhatikan sekali masalahpelayanan jasa
contohnya seperti : jasa pasang bam, jasa pengaduan/gangguanjasa pembahan daya listrik, jasa
pmbayaran rekening listrik, dan lian-lain.
Untuk mengetahui kaulitas pelayanan dan peranannya terhadap tingkat kepuasan pelanggan
pasa PT. PLN UPJ Cibadak dapatdihitung dengan menggunakan teknik analisis Chi-Square. Yang
menjadi populasi (N) dari penilitian dalam pelanggan PT. PLN UPJ Cibadak. Untuk mengetahui
"InA dibutuhkan menggunakan mmus slovin, jumlah yang dipakai berjumlah 100 orang. Dalam penilitian ini digunakan sata primer dengan cara observasi langsung dan
penyebaran kuisioner, serta melalui studi pustakaan.
Variabel-variabel yang diamati yaitu kategori kualitas pelayanan yang terdiri dari
keandalan, daya tanggap, kepastian, empati dan berwujud. Kualitas pelayanan terbukti dapat
meningkatkan kepuasan pelanggan.
1. Keandalan yang ditunjukan oleh PT. PLN UPJ Cibadak telah memperlihatkan hasil yang
memuaskan. . e>
2. Daya Tanggap PT. LN UPJ Cibadak telah menunjukan hasil yang memuaskan
3. Kepastian dari PT. PLN UPJ Cibadak telah menutijukan hasil yang memuaskan
4. Empati yang ditunjukan PT. PLN UPJ Cibadak telah memperlihatkan hasil yang
memuaskan.
5. Dasilitas, peralatan, dan perlengkapan yang dimiiki oleh PT. PLN UPJ Cibadak telah
menunjukan hasil yang memuaskan.
Dalam uji peranan kualitas pelayanan terhadap tingkat pelanggan dengan taraf uji a 0 05
diperoleh yaitu: j • .
1. Keandalan
Tingakt kineija (94,2%>84,4) tingkat harapan. Kepuasan pelanggan telah tercapai dengan
sangat baik.
2. Daya Tanggap
Tingkat kineija (94%>79,5%) tingkat harapan. Kepuasan pelanggan telah tercapai dengan
sangat baik.
3. Kepastian
Tingkat kinerja (93,5%>85,7%) tingkat harapan. Kepuasan pelanggan telah tercapai
dengan baik.
4. Empati
Tingkat kinerja (94,4%>85,7%) tingkat harapan. Kepuasan pelanggan telah tercapai
dengan baik.
5. Berwujud
Tingkat harapan (9I,4%=91,6%) tingkat harapan. Kepuasan pelanggan telah tercapai
dengan baik.
Hasil yang diperoleh berdasrkan perhitungan dengan uji Chi-Square dapat disimpulkan
bahwa selumhupaya PT. PLN UPJ Cibadak dalam menciptakan kualitas pelayanan memiliki
peranan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan begltu PT. PLN UPJ Cibadak hams
mempertahankan dan meningkatkan kin,eija dari kualitas pelayanan yang telah ada untuk tjuan
menciptakan kepuasan pelanggan.