Abstract:
DEWI DARNINGSIH (021106128). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa
Pemeliharaan Mobil Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Toyota Astra
Motor, Auto 2000 Cabang Bogor. Dosen Pembimbing Utama Bapak USMAN
ZAKARIA dan Co Pembimbing Ibu YETTY HUSNUL HAYATI.
Dalam era globalisasi ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik dipasar
domestik (nasional) maupun dipasar internasional /global. Kualitas layanan pada
bidang jasa sangat diperhitun^can dalam dunia bisnis, karena kualitas layanan
berdampak pada kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan. Kepuasan pelanggan
ditentukan oleh kualitas layanan yang dikehendaki pelanggan, sehingga jaminan
kualitas menjadi prioritas utama sebagai tolak ukur keunggulan daya saing
perusah^. Dalam menghadapi para pesaing-pesaing perusahaan harus bisa
memberikan pelayanan yang unggul dari pada pesaingnya. Sehingga para pelanggan
puas akan pelayanan diperusahaan tersebut. Menyadari akan arti pentingnya
pelayanan kepada pelanggan sebagai sarana yang kompetitif, banyak perusahaan telah
membentuk bagian pelayanan yang biasa dikenal dengan sebutan customer service.
Customer service diadakan oleh perusahaan untuk pelayanan yang lebih baik, intensif
dan efektif kepada pelanggan dalam produk /jasa pelayanan. Customer service pun
sangat berperan dalam penjualan produk maupun jasa. Begitupula yang Hilaknkan
perusahaan dalam hal pelayanan jasa pemeliharaan mobil yang dikelola dengan baik
menjalankan suatu bagian pelayanan dan suku cadang {Parts and Service
Department) yang efektif, cekatan dan biaya yang layak. Sekalipun pelayanan
pemeliharaan ini dilakukan oleh bagian produksi, pemasaran harus memonitor
kepuasan pelanggan yang memperoleh pelayanan pemeliharaan tersebut.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas
pelayanan jasa pemeliharaan mobil pada PT. Toyota Astra Motor Auto 2000 cabang
Bogor, untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pelanggan atas jasa
pemeliharaan mobil pada PT. Toyota Astra Motor Auto 2000 cabang Bogor, dan
untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan jasa pemeliharaan mobil
terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Toyota Astra Motor Auto 2000 cabang Bogor.
Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif survey, yaitu metode
penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan manfaat untuk tujuan deskriptif,
membantu dalam membandingkan kondisi-kondisi yang ada dengan kriteria yang
telah ditentukan sebelumnya dan juga dalam pelaksanaan evaluasi.
Berdasarkan hasil analisis mengenai kualitas pelayanan jasa pemeliharaan
mobil pada PT. Toyota Astra Motor Auto 2000 Cabang Bogor yaitu berupa
keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan berwujud. Dan hasil penelitian tentang
kepuasan pelanggan atas jasa pemeliharaan mobil yaitu sebagian besar pelanggan
menyatakan puas atas pelayanan yang diberikan perusahaan yaitu sebesar 102,5%.
Dapat dilihat persentase masing-masing indikator yang diperoleh yaitu meliputi
keandalan yaitu sebesar 94,71% (kurang puas), ketanggapan yaitu sebesar 105,7%
(puas), jaminan yaitu sebesar 105,7% (puas), empati yaitu sebesar 110,2% (puas), dan
berwujud 96,61% (kurang puas). Dan untuk pengaruh kualitas pelayanan jasa
pemeliharaan mobil terhadap kepuasan pelanggan diketahui hasilnya yaitu setiap
indikator kualitas pelayanan dari hasil penghitungan berdasarkan harapan dan kinega
yaitu masing-masing indikator mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
kepuasan pelanggan