Abstract:
FRANSISKUS XAVERIUS ERWANTO CAHYADL NPM. 021106011. Pengaruh
Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Catur Karya Cemerlang
Bogor. Dlbawah bimbingan: Dra. SRI MARTINI, MM, SE. dan YETTY HUSNUL
HAYATI, MM., SE.
Kualitas Pelayanan adalah suatu sikap atas hubungan yang dihasilkan dari
perbandingan antara ekspektasi dengan kinerja. Kualitas pelayanan dapat dinilai dari
seberapa baik jasa pelayanan yang balk sesuai dengan barman konsumen. Kualitas
memberikan spatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ilratan hubungan yang kuat
dengan perusahaan. Tingkat Imalitas pelayanan tidak dapat dinilai berdasarkan sudut
pandang perusahaan tetapi hams dari sudut pandang penilaian pelanggan.Pada semester I
tahun 2008 jumlah pelanggan mengalami peningkatan namun penjualan di pemsahaan
tersebut mengalami penurunan. Oleh sebab itu, pemsahaan perlu untuk memperhatikan
kepuasan dari pelanggan dengan tujuan pelanggan tersebut loyal terhadap pr^uk yang
dikeluarkan perusahaan. Karena loyalitas pelanggan mempakan sebuah ukuran yang lebih
dapat dijadikan prioritas dalam mengukur tingkat pertumbuhan dan penjualan dari suatu
pemsahaan.
Tujuan dari penelitian yang dilakukan pada PT. Catur Katya Cemerlang Bogor
adalah untuk mengetahui ku^itas pelayanan yang diberikan oleh PT. Catur Karya
Cemerlang Bogor dan untuk menget^ui pengamh kualitas pelayanan terhadap loyalitas
pelanggan pada PT. Catur Karya Cemerlang Bogor.
Metode Penelitian ini meliputi desain penelitian dan opersaional variabel, adapun
desain penelitian yang dilakukan penulis adalah verifikatif dengan menggunakan metode
explanatory survey. Scdangkan teknik penelitian yang digunakan adalah statistik non
parametik. Metode yang digunakan penulis adalah analisis korelasi Chi Square dan uji
Hipotesis.
Dari hasil yang diperoleh kualitas pelayanan yang dimiliki PT. Catur Karya
Cemerlang Bogor adalah cukup baik, yaitu dengan pelanggan mendapatkan kelima unsur
kualitas pelayananckeandalan ,daya tanggap, kepastian, empati,dan berwujud cukup baik,
sedangkan kepuasan pelanggan PT. Catur Karya Cemerlang Bogor memilki tingkat
kepuasan yang cukup signiflkan, hal ini ditunjukan dari jawaban responden atas kineija
pemsahaan PT. Catur Karya Cemerlang Bogor sebesar 53% responden kineijanya baik.
Dan untuk penilaian harapan pelanggan sebesar 53% responden menjawab penting atas
kepuasan pelanggan. Dilihat dari tingkat kepuasan pelanggan yang baik maka loyalitas
pelanggan pun dapat dikatakan tercapai bila pelanggan tersebut puas. Dengan
menggunakan analisis Chi Square yang didapat dari jawaban responden diperoleh hasil
sebagai berikut ; dari hasil analisis korelasi diperoleh Cc - 42,99%, artinya terdapat
hubungan yang lemah dan positif antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan
pada PT. Catur Karya Cemerlang Bogor. Dan berdasarkan hasil perhitungan Cs Hitung
22,6807 > Cs Tabel 19,811 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang
lemah dan positif antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan.