Abstract:
MEITA STEVANY CHRISTIANA. NPM 021104199. Pengarah Jasa Pelayanan
Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Bank NISP, Bogor. Dibawah bimbingan
USMAN ZAKARIA dan co. Pembimbing YETTY HUSNUL.
Persaingan yang ketat, dimana semakin banyak bank yang terlibat dalam
pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, menyebabkan setiap bank hams
mempertahankan orientasi pada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama. Salah satu
caranya dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah. Peiicembangan
industri perfoankan sejak tahun 1997 mengalami masft-masa sulit akibat krisis moneter
yang sampai saat ini belum dapat beijalan secara nonnal. Hal ini mendorong bank-bank
untuk lebih meningkatkan daya saingnya agar tetap dapat bertahan dengan melakukan
upaya-upaya yang dapat meningkatkan kineija dan kepercayaan diri dari masyarakat.
Kaiena upaya untuk mewujudkan kepuasan nasabah total bukanlah ha! yang mudah.
Perancangan pelayanan dan strategi pemasaran yang baik menjadi suatu hal yang kmsial.
Tiap Bank hams tems-menems mengembangkan pelayanan atau merancang produknya
guna mempertahankan dan membangun kepercayaan nasabah. Hal ini tegadi karena
pelayanan mereka yang telah ada selama ini rentan teriiadap pembahan kebutuhan dan
selera nasabah, teknologi bam, serta peningkatan persaingan. Berdasarican latar belakang
tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "Pengamh Jasa
Pelayanan Tertiadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Bank NISP Bogor".
Tujuan penelitian dilakukan pada Bank NISP Bogor adalah untuk mengetahui
jasa pelayanan terhadap nasabah yang telah dilakukan oleh Bank NISP Bogor, tingkat
kepuasan nasabah Bank NISP Bogor, dan pengaruh jasa pelayanan terhadap peningkatan
kepuasan nasabah Bank NISP Bogor.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode studi kasus,
sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif. Adapun
metode analisis yang digunal^ oleh penulis adalah analisis Chi-Square
Betdasatkan data yang diperoleh dari Bank NISP Bogor, maka diperolehhasil
sebanyak 48.3% responden menyatakan sangat baik, 38.5% responden menyatakan baik,
9% responden menyatakan cukup baik, 2.7% responden menyatakan kurang baik dan
1.45% responden menyatakan tid^ baik. Dan dengan demikian dapat disimpulkan secara
keseluruhan jasa pelayanan berpengaruh teihadap kepuasan nasabah.
Sesuai dengan ilmu dan teknologi saat ini, pemasaran memegang peranan penting
karena semua kegiatan bisnis yang ada tidak al^ terlepas dari kegiatan pemasaran.
Pemasaran bagi pemsahaan mempakan penentu akan keberfaasilan bisnis atau jasa yang
ditawarkan.
Objek penelitian yang diambil oleh penulis adalah faktor pelayanan sebagai
variabel independen, sedangkan tingkat kepuasan nasabah sebagai variabel dependen.
Unit analisa yang digunakan dalam penelitian bersifat dyads yaitu sumber data yang
diperoleh dari respon dua orang atau dua bagian yaitu para nasabah dan bagian
pemasaran dari Batik NISP.