Abstract:
YOPI YUSTIAN. 021105074. Analisis Peramalan Penjnalaii Sepeda Motor
Kawasaki Pada PT. Wahana Ottomitra Mnltiartha Tbk. Dibawah Bimbingan :
NINA AGUSTINA dan SRI HIDAJATIRAMDANI.
Dalam menghadapi era globalisasi ekonomi yang disertai dengan pesatnya
perkembangan tekhnologi, perusahaan diharapkan mampu untuk tetap bersaing karena
era globalisasi berdampak pada semakin ketatnya persaingan dan cepatnya perubahan
pada lingkungan usaha. Untuk meningkatkan penjualan serta memenuhi keinginan
konsumen pada PT. Wahana Ottomitra Multiaitha Tbk.
Untuk dapat mengetahui lebih lanjut analisis peramalan penjualan dalam
menentukan perencanaan penjualan yang akan datang, maka penulis tertarik untuk
melakukan penelitian dalam membandingkan suatu kebenaran dengan memahami
pengujian, Wahana Ottomitra Mnltiartha Tbk. dari tahun ke tahun mengalami
penurunan, maka dengan hu pengujian hu berhasil dengan baik dan dapat memenuhi
persyaratan maka hasil yang diperoleh dapat diterapkan pada perusahaan yang
menjadikan objek penalitian terutama yang berkaitan dengan penelitian yang dimaksud.
Dari data penjualan PT. Wahana Ottomitra Mnltiartha Tbk. dapat diketahui bahwa
teqadi kenaikan pada tahun 2006, oleh karena itu PT. Wahana perlu untuk melakukan
peramalan, agar dapat lebih meningkatkan penjualan serta memenuhi keinginan
konsumen, berdasarlmn latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan
penelitian dengan judul "Analisis Perencanaan Penjualan Sepeda Motor Kawasaki Pada
PT. Wahana Ottomitra Mnltiartha Tbk.".
Tujuan penelitian dilakukan pada PT. Wahana Ottomitra Mnltiartha Tbk. adalah
untuk menget^ui bagaimana perencanaan penjualan dimasa yang akan datang dengan
menggunakan metode peramalan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode studi kasus,
sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif eksplorati^
adapun metode analisis yang digunakan oleh penulis adalah metode ekponential
smoothing dengan menggunakan kombinasi konstanta pemulusan a = 0,2 : a == 0,4 dan a
= 0,6 yang digunakan untuk menentukan perencanaan penjualan perusahaan dengan
menggunakan data-data yang ada.
Dari hasil yang diperoleh dari PT. Wahana Ottomitra Mnltiartha Tbk. maka didapat
peramalan dengan nilai RMSE atau nilai error dalam peramalan sebesar
32.488,66 sehingga peramalan dengan konstanta (a) 0,2 yang digunakan untuk
melakukan peramalan karena merupakan kesalahan terkecil dan mendekati penyesuaian
dalam peramalan penjualan pada tahun 2006-2008.
Dengan demikian perencanaan penjualan sepeda motor Kawasaki pada PT.
Wahana Ottomitra Muhiartha Tbk. sbaiknya dihhung dengan menggunakan metode
eksopnential smoothing dengan a = 0,2 karena akan membantu dalam sebuah
perencanaan penjualan pada masa yang akan datang, dengan tingkat kesalahan peramalan
yang kecil maka peramalan penju^an yang di lakukan oleh perusahaan akan lebih baik
dan akurat serta memberikan gambaran tingkat permmtaan yang sesuai dengan data pada
masa lampau. Peramalan penjualan PT. Wahana Ottomitra Mnltiartha Tbk. dengan a
0,2 lebih layak diterima karena memiliki peramalan penjualan yang sangat baik dalam
menentukan perencanaan penjualan yang akan datang.