Abstract:
NISA MAJDU ARIMI. 021120257. Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pakuan). Dibawah bimbingan: TOWAF TOTOK IRAWAN dan ADITYA PRIMA YUDHA. 2024.
Saat ini, internet dan mahasiswa yang berada di kalangan gen Z tidak dapat dipisahkan. Melalui pemanfaatannya, mahasiswa tidak hanya menggunakan internet dalam proses pembelajaran saja, tetapi juga dalam melakukan belanja di e-commerce untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Kemudahan yang ditawarkan seperti layanan dan fasilitas yang tersedia menjadi pilihan yang sesuai dengan kehidupan mahasiswa saat ini sehingga mendorong mahasiswa melakukan pembelian secara terus menerus tanpa mempertimbangkan apa yang menjadi kebutuhannya, mereka melakukan belanja di e-commerce berdasarkan hasrat keinginannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif pada Mahasiswa Universitas Pakuan.
Penelitian ini merupakan penelitilian kuantitatif menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan metode penelitian eksplanatori. Dalam penelitian ini data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 100 Mahasiswa aktif S1 Universitas yang melakukan belanja di e-commerce minimal 3x dengan metode penarikan sampel purposive sampling menggunakan perhitungan rumus Lemeshow. Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhaana, uji hipotesis (uji-t), dan koefisien determinasi yang diolah menggunakan IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Universitas Pakuan. Kata kunci: e-commerce, perilaku konsumtif