Abstract:
SAVIRA FARADIBA. 021118093. Analisis Strategi Pemasaran Mobil Bekas Showroom Jaya Mobil Depok. Dibawah bimbingan Sri Hartini dan Fredi Andria,2023.
Perkembangan bisnis otomotif di indonesia sedang meningkat, hal ini disebabkan karena jumlah kelas menengah di indonesia mengalami peningkatan sebesar 30%. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan tingkat keinginan yang tinggi membuat semakin bertambahnya jumlah Showroom mobil bekas di indonesia. Berdasarkan hasil survey, jumlah showroom di indonesia pada tahun 2021 berjumlah 6330.
Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi dari Showroom mobil bekas di kawasan depok.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif (eksploratif) kualitatif berupa studi kasus mengenai Analisis Strategi Pemasaran Mobil Bekas Showroom Jaya Mobil Depok. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder dari berbagai literatur.
Hasil penelitian Analisis Strategi Pemasaran Mobil Bekas Showroom Jaya Mobil Depok menggunakan matriks IE. Showroom mobil bekas berada pada kuadran II yaitu Growth and Build yang artinya showroom sedang berada di fase tumbuh dan berkembang dalam bisnisnya. Langkah strategis yang dapat dilakukan oleh showroom adalah strategi intensif yaitu penetrasi pasar.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Showroom, Matriks IE