Abstract:
APRILLIA MAHARANI YUSNA. 021120037. Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap
Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen FEB
Universitas Pakuan). Di bawah bimbingan OKTORI KISWATI ZAINI dan TOWAF TOTOK
IRAWAN. 2024.
Adanya media sosial TikTok mampu mendorong seseorang berperilaku konsumtif,
berawal dari melihat konten dan promosi di TikTok dapat menimbulkan keinginan yang kuat
untuk mengejar kepuasaan dalam diri orang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis media sosial tiktok pada kalangan mahasiswa, untuk menganalisis perilaku
konsumtif pada kalangan mahasiswa, dan untuk menganalisis pengaruh media sosial tiktok
terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dan jenis datanya kuantitatif, dengan
responden mahasiswa program studi manajemen FEB Universitas Pakuan. Pemilihan
responden dilakukan dengan metode purposive sampling yang kemudian dilanjutkan dengan
accidental sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin.
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan
analisis deskriptif, regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dinilai baik dengan total skor
sebesar 79,5% dan perilaku konsumtif dinilai tinggi dengan total skor sebesar 75,5%. Terdapat
pengaruh media sosial tiktok terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Hal ini terbukti bahwa
hasil regresi linear sederhana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,339 artinya apabila
nilai media sosial TikTok meningkat maka perilaku konsumtif mahasiswa juga meningkat.
Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,138 artinya kemampuan variabel media sosial
dalam menjelaskan variabel perilaku konsumtif sebesar 13,8%, sisanya 86,2% dijelaskan oleh
variabel lain. Pada uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai thitung
3,960 > ttabel 1,984 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh media sosial TikTok terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.
Kata kunci : media sosial, perilaku konsumtif