Abstract:
LITA IRSANTI. 021120158. Anteseden Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Platform Shopee terhadap Minat Pembelian Ulang Generasi Muda di Kota Bogor. Di bawah bimbingan: YUARY FARADDIA dan ARIE WIBOWO IRAWAN. 2024.
Persaingan pada industri e-commerce di Indonesia sangat ketat, perubahan perilaku belanja masyarakat dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku bisnis melalui peningkatan kepuasan konsumen dengan memberikan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap minat pembelian ulang dengan pengujian hubungan antar variabel secara parsial.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausal. Dengan responden individu yang merupakan penduduk kota Bogor dengan rentang usia 15-24 tahun. Pemilihan responden dilakukan dengan metode non probability sampling dengan total 350 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Isaac dan Michael. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis outer model, analisis inner model dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang pengguna platform Shopee dalam pembelian melalui platformShopee pada generasi muda di Kota Bogor.
Kata Kunci: Persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, minat pembelian ulang