Abstract:
DINDA SURYA TITANIA. 021119074. Efektivitas Iklan Shopee “5.5 Bagi-Bagi Cuan” pada
Media Online YouTube (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Pakuan). Di bawah bimbingan: OKTORI KISWATI ZAINI dan NIZAM M. ANDRIANTO 2023.
Pertumbuhan teknologi yang semakin canggih, menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk
melakukan promosi melalui berbagai media online, karena melalui media online sebuah informasi
dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Saat ini banyak industri yang menggunakan media online
sebagai sarana promosi seperti YouTube. Serta perkembangan ilmu teknologi yang semakin
canggih menyebabkan persaingan di dalam dunia bisnis penyedia situs belanja online semakin
meningkat. Di Indonesia jumlah pengguna situs belanja online terbilang tinggi. Perusahaan situs
belanja online mempunyai strategi yang efektif untuk mempertahankan penggunanya atau
konsumennya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas iklan Shopee “5.5 bagi-bagi
cuan” pada media online YouTube. Jenis penelitian adalah deskriptif eksploratif, dengan jenis
data kualitatif serta sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Metode penarikan
sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling
dan accidental sampling. Sampel dalam penelitian jni adalah sebanyak 100 responden. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan melakukan uji validitas dan
reliabilitas menggunakan SPSS 25 dan menghitung hasil perolehan untuk EPIC rate. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Shopee “5.5 bagi-bagi cuan” pada media online YouTube
sudah menunjukkan hasil yang baik berdasarkan pada dimensi Empathy, Persuasion, Impact,
Communication sehingga mendapat ulasan positif. Adapun hasil nilai EPIC rate secara
keseluruhan yaitu sebesar 3,77 yang berada pada rentang penilaian 3,41 – 4,20 menunjukkan
bahwa iklan Shopee “5.5 bagi-bagi cuan” pada media online YouTube berada pada tingkat efektif.
Kata Kunci: Efektivitas iklan, media online YouTube, EPIC Model