Abstract:
ALFAN DWINUGRAHA PUTRA. NPM 021105256. Analisis brand image oli pelumas
Castro! terhadap kepuasan konsumen di Cilegon Dibawah birabingan : OKTORI
KISjyATL Z dan SRI PUDJAWATI.
Castro! merupakan merek pelumas unggulan dari British Petroleum yang
berkantor pusat di Swindon, Inggris. Castrol masuk ke pasar Indonesia sejak 1970,
seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat pada pelumas yang diakui secara
intemasional ini, maka pada 14 Mei 1998 didirikanlah PT Castrol Indonesia dengan
pabrik yang terletak di jalan Raya Merak Kilometer 117 Gerem, Merak-Banten.
Kemajuan perusahaan Castrol di Indonesia juga tidak lepas dari dukungan kepercayaan
masyarakat karena daya beli konsumen dipengaruhi salah satunya oleh brand image.
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui citra merek oli pelumas castrol produksi PT.
Castrol Indonesia dimata konsumen. (2) kepuasan konsumen terhadap oli pelumas castrol
produksi PT. Castrol Indonesia.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data
primer diperoleh dari hasil wawancara dan penyebaran kuesioner. Data sekunder
diperoleh dari dokumen bisnis perusahaan, informasi dari perusahaan, lembaga terkait
lainnya, dan internet. Dalam penelitian ini menggunakan metode penarikan sampel acak
sederhana. Untuk menentukan ukuran sample dari populasi dengan menggunakan rumus
Slovin.
Brand image oli pelumas Castrol dilihat dari penilaian konsumen mengenai
harga, jenis, ukuran dan Imalitas berada pada posisi standar sedangkan pada kemasan
lebih dari standar. Artinya di benak konsumen sudah tercipta bahwa oli pelumas Castrol
adalah standar sedangkan tingkat kepuasan konsumen untuk harga, ukuran, dan kemasan
masih dibawah 100%, hal ini menandakan bahwa kinerja perusahaan untuk harga, ukuran
dan kemasan dibawah harapan konsumen, sedangkan untuk jenis dan kualitas, kinerja
perusahaan diatas harapan konsumen, artinya harapan konsumen sudah terpenuhi.