Abstract:
LITA YUNI ASIH. 021115348. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit PMI Bogor. Dibawah bimbingan HERDIYANA danNIZAM M. ANDRIANTO. 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit PMI Bogor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian verifikatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan langsung dari pasien Rumah Sakit PMI Bogor. Penentuan sampel menggunakkan metode probability sampling dengan teknik penentuan sample menggunakan Accident sampling. Metode analisis yang digunakan adalah spearman rank.
Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi rank spearman diperoleh hasil r = 0,704, artinya hubungan yang dimiliki antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit PMI Bogor ada dalam kategori kuat. Hasil dari perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan dapat menerangkan variabel kepuasan pasien sebesar 49,56%, sedangkan sebesar 50,44% diterangan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai siginifikan yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien diterima atau Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien