Abstract:
KIKI RIZKINA. NPM 021104187. "Pengaruh Stratcgi Se^enlasi Pasar Terhadap
Peningkatan Volume Pcnjualan Pada PT. Coats Rejo Indonesia". Dibawah biinbingan;
Nina Agustina dan Sri Hidayati Ramdani.
Skripsi ini terdiri dari 5 bab dengan jumlah halaman sebanyak 85 halaman. Dalam
penyusunan skripsi ini, penelitian dilakukan pada PT. Coats Rejo Indonesia, yang
merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan benang untuk memenuhi
kebutuhan perusahaan-perusahaan garmen dalam memproduksi pakaiaa Perusahaan ini
berlokasi di Jl. Raya Tajur No. 24-26, Desa Pakuan, Kecamatan ^gor Selatan.
Adapun tujuan penulisan yang melatarbelakangi diadakannya penelitian ini
adalah bahwa pada saat sekarang ini banyak perusahaan yang tumbuh dan bcrkembang
untuk memenuhi keinginan perusahaan konsumen yang semakin bertambah terhadap
kebutuhan produksi garmen, maka salah satu tindakan untuk memenuhi kebutuhan
terscbut iaiah dengan cara mendorong atau meningkatkan hasil produksi garmen yang
dapat memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahan pemesan.
Dengan meningkatnya hasil produksi maka dapat juga mendorong meningkatnya
volume penjualan perusahaan. Suatu perusahaan agar dapat menin^atkan volume
penjualannya perlu melakukan segmcntasi pasar terhadap pasar yang dituju agar kegiatan
memasarkan suatu produk dapat lebih mudali dan agar dapat lebih mengenal kebutuhan
konsumen di pasar tersebut.
Jenis dari penelitian ini menggunakan deskriptif eksploratif, sedangkan metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, dan teknik penelitian yang
digunakan adalah menggunakan statistik komparatif.
Pada dasamya segmentasi pasar diperlukan untuk dapat memilih pasar sasaran,
mencari peluang, melayani dengan baik, menganalisis prilaku konsumen, mendcsain
produk, memuaskan kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan pihak yang dituju.
Dalam menjalankkan usalianya PT. Coats Rejo Indonesia telah menerapkan
sistem segmentasi pasar dalam memasarkan liasil produksinya melalui dua cara, yaitu
segmentasi pasar kepada perusahaan-perusaliaan. garmen dan segmentasi pasar kepada
home industri manufaktur.
Adapun perusaliaan garmen membeli produk benang dari PT. Coats Rejo
Indonesia ini untuk diproduksi kembali menjadi barang jadi, yaitu berupa pakaian
sehingga dapat di konsumsi langsung oleh konsumen. Sedangkan home industri
manufaktur membeli produk benang dari PT. Coats Rejo Indonesia dengan maksud untuk
dijual kembali kepada pasar-pasar yang lebih kecil, yaitu langsung berupa benang atau
diproduksi sendiri berupa menawarimn jasa menjahit kepada konsumen langsung.
Dengan rumus regresi berganda digunakan untuk menduga adanya pengaruh
antara variabel segmentasi pasar terhadap variabel volume penjualan. Dan rumus korelasi
berganda yang digunakan untuk menunjukkan arah dan kuatnya hubungan antara variabel
segmentasi pasar dan variabel volume penjualan.
Dari hasil penggunaan rumus regresi berganda dan korelasi berganda, maka
diperoleh hasil Koefisien Determinasi (R') = 0,997 dan Fh > Ft = 415,4 > 5,19 yang
menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara segmentasi pasar terliadap
peningkatan volume penjualan.