Abstract:
Firman Lukmannul Hakim. NPM 021103099. Pengaruh Segmentasi Pasar Berdasarkan
Demografi dan Periiaku terhadap Peningkatan Jumiah Nasabah pada Perusahaan AJB Bumiputera
1912 kantor cabang Siliwangi Bogor. Dibawah bimbingan ; Usman Zakaria dan Sri Hidajati
Ramdani.
Sesuai peranannya pada bidang perdagangan jasa seperti asuransi. Asuransi adalali suatu
resiko yang ada karena ketidaktahuan kita atas kondisi yang akan terjadi di kemudian hari.
Karena sifatnya yang demikian, maka akan membuat setiap pilihan menjadi dua sisi yang
berjalan bersamaan dan beriringan, yaitu sisi risiko dan sisi keuntungan. Konsep asuransi datang
atas kebutuhan tersebut, di mana setiap manusia membutuhkan ketenangan dalam hidupnya. Pada
umumnya, manusia merasakan ketenangan tersebut ketika menyadari bahwa mereka sedang
berada pada jalur yang mengandung sedikit atau minimnya risiko.
Perusahaan AJB Bumiputera 1912 kantor cabang Siliwangi Bogor meiieiupkan
segmentasi pasar menjadi salah satu kebijakan perusahaan sebagai strategi pemasaran dalam
meningkatkan jumiah nasabah.
Segmentasi pasar merupakan pengelompokan pasar yang heterogen menjadi kelompok
pasar yang homogen. Di mana tiap kelompok / bagian dapat dipilih sebagai pasar yang dituju /
ditargetkan untuk dicapai dengan marketing mix yang tersendiri.
Tujuan dari mensegmentasikan pasar berdasarkan demografi dan periiaku yang di teliti
penulis adalah sebagai berikut ini:
1. Untuk mengetahui penerapan segmentasi pasar berdasarkan demografi dan periiaku
yang di lakukan perusahaan AJB Bumiputera 1912 Cabang Siliwangi Bogor
2. Untuk mengetahui peningkatan jumiah nasabah yang di peroleh perusahaan AJB
Bumiputera 1912 Cabang Siliwangi Bogor.
3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh segmentasi pasar berdasarkan demografi
dan periiaku pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Siliwangi Bogor.
Dalam meneliti perusahaan AJB Bumiputera 1912 penulis menggunakan teknik analisis
menggunakan metode regresi korelasi berganda dan pengolahannya menggunakan program SPSS
for Windows pada perusahaan AJB Bumiputera 1912.
Dalam penerapan segmentasi pasar yang di teliti penulis berdasarkan demografi, yaitu
secara keseluruhan berdasarkan jawaban dari para responden sebanyak 87 nasabah, dalam
segmentasi demografi bisa di lihat dari tingkat pendapatan di atas 10 juta dengan persent? - 45,52
%, tingkat usia antara 30 - 40 tahun dengan persentase 51,72 %, tingkat pendidikan sampai
dengan perguruan tinggi dengan persentase 41,37 % dan tingkat pekerjaan kebanyakan berprofesi
sebagai wiraswasta dengan persentase 35,63 %.
Begitu pula pada segmentasi pasar berdasarkan periiaku yang di teliti penulis, sebagian
besar berpendapat bahwa produk yang terdapat pada perusahaan AJB Bumiputera 1912 kantor
cabang Siliwangi Bogor produk yang di minati oleh nasabah dengan persentase 45,97 %, yaitu
Asuransi Jiwa Mitra Beasiswa berjumlah 40 nasabah.
Data dan informasi di atas menggambarkan bahwa segmentasi pasar yang dl lakukan
periK^aan AJB Bumiputera 1912 kantor cabang Siliwangi Bogor berdasarkan demogarafi dan
penlaku dapat mendukung tercapainya tujuan penisahaan dalam memasarkan produknya cuna
meningkatkan jumlah nasabah.
Pada penlngkatan jumlah nasabah yang di teliti penulis pada penisahaan AJB Bumiputera
1912 pada tahun 200S, s.d 2007, dapat di lihat padatabel sebagai berikut:
Tabel IS.
Jmnlah Nasabah Bulan Januarl s/d Dcsember
pada Tabnn 2005 s/d 2007
Bulan Jumlah Nasabah Tahun
2005
Jumlah Nasabah Tahun
2006
Jumlah Nasabah
Tahun 2007
Januan 37 40 86
Februan 30 56 48
Maiet 67 59 57
April 56 26 64
Mei 87 46 70
Juni 40 52 65
Juli 30 66 75
ArusIus 44 44 45
September 36 47 52
Oktober 63 37 50
November 24 60 44
Desember 31 41 27
Jumlah 545 574 683
Berdasarkan data pada tabel 15 di atas, maka dapat di ketahui peningkatan jumlah
nasabah pada penisahaan AJB Bumiputera 1912 kantor cabang Siliwangi, pada realisasinya
temyata tidak selalu mencapai target yang di inginkan, hal ini di karenakan kondisi pereaingan
yang begitu ketat dan rata-rata jumlah tenaga penjual yang tidak tetap setiap bulannya, walaupun
secara keseluruhan berdasarkan data penisahaan dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2007
mengalami kenaikan pada jumlah nasabah.
Dalam penganih segmentasi pasar yang di teliti penulis pada segmentasi pasar
berdasarkan demografi dan perilaku, dengan melihat hasil Uji F maupun Uji t dapat di ketahui
baik secara bersama - sama, segmentasi pasar berdasarkan demografi dan perilaldi berpenganih
walaupun tid^ terlalu kuat dan tidak signifikan secara bersama - sama akan tetapi berpenganih
terhadap penin^tan jumlah nasabah. Untuk meningkatkan jumlah nasabah pihak penisahaan
hams lebih meningkatl^ kualitas produk dan memperhatikan kebutuhan yang diharapakan oleh
nasabah. Dengan demikian dari hasil pengujian hipotesis ini, menyatakan bahwa segmentasi
pasar berdasarkw demografi dan perilaku dapat mempengaruhi dalam meningkatkan jumlah
nasabah dapat di terima.
Berdasarkan hasil analisis menggunakan kuesioner dapat di lihat:
a) Berdasarkan Demografi.
Jumlah nasabah di lihat dari;
• Jenis kelamin : laki - laki dengan beijumlah 49 orang dan tin^t
persentasenya sebesar 56,32 %.
• Agama : menganut agama Islam dengan berjumlah 30 orang dengan
persentase 34,48 %.
• Status : memiliki status menikah dengan beijumlah 65 orang dengan
persentase 74,71 %.
• Pengalaman keija : mempunyai pengalaman keija selama 5 tahun s.d 10
tahun beijumlah 30 orang dengan persentase 45,97 %.
• Pendapatan : memiliki pendapatan sebesar 10 juta ke atas dengan beijumlah
37 orang dengan persentase 45,52 %.
• Usia : berusia 30 tahun s.d 40 tahun dengan berjumiah 45 orang dengan
persentase 51,72 %.
• Pendidikan: pendidlkan terakhir pada perguruan tinggi dengan beijumlah 36
orang dengan persentase 41,37 %.
• Pekeijaan: pekeijaan sebagai wiraswasta dengan beijumlah 31 orang dengan
persentase 35,63 %.
b) Berdasarkan Perilaku
• Jumlah nasabah di lihat dari produk yang di minati oleh nasabah yang
dilakukan oleh perusahaan, menunjukkan bahwa banyaknya nasabah
memilih produk asuransi jiwa mitra beasiswa berjumiah 40 orang dengan
persentase 45,97 %.
Peningkatan Jumlah nasabah pada perusahaan AJB Bumiputera 1912 cabang Siliwan^
Bogor di antara tahun 2005, 2006 sampai dengan 2007 teijadi peningkatan dengan melihat dari
data jumlah nasabah per tahun pada perusahaan AJB Bumiputera 1912 cabang Siliwangi Bogor.
Dengan melihat pada tabel 15. Teijadi peningkatan antara tahun 2005 beijumlah 545 nasabah
dengan tahun 2006 beijumlah 574, yaitu beijumlah 29 nasabah akan tetapi peningkatan yang
sangat jauh teijadi pada tahun 2006 sampai dengan 2007 beijumlah 683 nasabah dengan
berjumiah 109 nasab^. Jika melihat peningkatan nasabah pada tahun 2005, tahun 2006 dan tahun
2007 telah teijadi peningkatan yang berbeda dan melihat dari strategi promosi dan kineija para
agen - agen perusahaan kurang maksimal.
Berdasarkan hasil dari analisis legresi korelasi berganda dengan menggunakan metode
SPSS dapat di simpulkan bahwa tingkat pengaruh segmentasi pasar berdasarkan demografi
dengan metode SPSS mempengaruhi jumlah nasabah walaupun tidak terlalu kuat. Begitu pula
dengan hasil dari analisis regresi korelasi berganda dengan metode SPSS terhadap segmentasi
pasar berdasarkan perilaku mempengaruhi jumlah nasabah walaupim tidak terlalu kuat
Berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis dapat di simpulkan beberapa. hal sebagai
berikut:
a) Variabel Demografi
1) Coefficients Regresi Linear Berganda, yaitu: 4,885£-08
2) Model Summaiy Korelasi Ganda, yaitu: 0,554
3) Model Summary Determinasi, yaitu: 0,307
4) Anova Uji F, yaitu: 1,996
5) Coefficients Uji T: 1,875
b) Variabel Perilaku
1) Coefficients Regresi Linear Berganda, yaitu: 3,418
2) Model Summary Korelasi Ganda, yaitu: 0,554
3} Model Summaiy Determinasi, yaitu: 0,307
4) Anova Uji F, yaitu: 1,996
5) Coefficients Uji T: 0,643