Abstract:
VERA YUNITA. NPM 021107253. Penerapan Metode Antrian Untuk Optimalisasi Pelayanan Kepada Konsumen Pada SPBU 34-15166 Bogor. Dibawah bimbingan: Bapak Jaenudin MM., SE. dan Ibu Dewi Taurusyanti MM., SE.
SPBU 34-15166 Bogor merupakan cabang dari PT. Manajemen Bahan Bakar Andalan (SPBU Group) yang mengatur operasiional SPBU yang merupakan cabangnya. Perusahaan tersebut mempunyai 6 cabang SPBU yang terletak di kota Bogor dan Jakarta. Setiap SPBU mempunyai pemilik/owner masing-masing. Untuk SPBU 34-15166 yang berlokasi di Jalan Veteran No. 62 Bogor ini dimiliki oleh Bapak Eriko.S.BP.Sitorus. SPBU ini berdiri pada tanggal 30 Desember 2005 dan diresmikan oleh Bapak Walikota Bogor.
Masalah yang diangkat adalah mengenai sistem antrian yang digunakan dan waktu yang diperlukan dalam melayani pelanggan sehingga dapat mengurangi antrian yang biasa terjadi dan pelayanan yang diberikan terhadap pelanggan lebih efisien.
Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui sistem pelayanan jasa yang ada di SPBU 34-15166, untuk mengetahui kualitas pelayanan kepada konsumen pada SPBU 34-15166, dan untuk mengetahui penerapan metode antrian di SPBU 34-15166 Bogor. Metode antrian yang dipakai adalah Multi Channel Single Phase yaitu sistem antrian yang terjadi ketika dua atau lebih fasilitas pelayanan yang dialiri oleh antrian tunggal. Data yang diperoleh didapat dari penelitian yang dilakukan sendiri pada SPBU 34-15166 Bogor.
Hasil perhitungan untuk penerapan metode antrian dengan menggunakan metode Multi Channel Single Phase adalah tingkat efisiensi waktu pelayanan terhadap konsumen dengan menggunakan metode Multi Channel - Single Phase di dispenser SPBU 34-15166 sudah optimal dengan 3 operator saja, dengan waktu menunggu sebesar 0,464 menit atau 127,28 detik dan waktu tunggu konsumen dalam sistem selama 0,96425 menit atau 57,86 detik. Hal ini juga terbukti dari Total Expected Cost terendah apabila terdapat 3 operator yaitu dengan biaya sebesar Rp. 21.700,-.