Abstract:
HELMIMURDANI, NPM : 021104357. Pengaruh Personal Selling Terhadap
Poiingkatan Jumlah Pem^ang Polls Pada PT. Asuransi Jiwasraya (persero) Cab.
Bogor. Di bawah bimbingan : USMAN ZAKAIUA dan YETY HUSNUL HAYATI.
Personal selling merupakan salah satu alat promosi yang menggunakan
pendekatan secara langsung kepada kansumennya, sehingga tenaga
penjualnya dapat melakukan tugas-tugas non penjualan munii untuk
keperluan perusahaan mereka dapat mengumpulkan informasi yang
diperlukan untuk penjualan, membeiitahukan sikap pelanggan seita
meluruskan keluhan-kehdian kepada pin:q)inau perusahaan.
Tujuan penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah untuk
mengetahui pengaruh personal selling terhadap peningkatan jumlah
pemegang polls pada PT. Asuransi Jiwasraya Cab. Bogor yang beralamat di
Jl. Pajajaran No. 45. Didirikan tanggal 20 Juni 1985, dengan jumlah tnaga
keqa sebanyak 20 tenaga penjual tiap kawasan, PT. Asuransi Jiwasraya
merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa asuransi jiwa yang dalam
kegjatan promosinya menggunakan diiect selling business, memasarkan
produk asuransi seperti Js Presasi, Js Arthadana, Js Dana Multi Proteksi, Js
Plan Optima, Beasiswa Catur Karsa, Dwiguna, dan Iain-lain.
Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metodedeskriptif
dan verifikatif. Penelitian deskiiptif bertujuan untuk memperoleh gambaran
secara mendalam dan objektif mengenai pengaruh personal selling dengan
tingkat jumlah pemegang polls. Sedangkan verifikatif dengan metode
explanatory survey untuk menguji hipotesis yang umumnya merupakan
penelitian yang menjalaskan fenomena dalam bentuk hubungan antar
variable.
Dari analisa r^esi linier berganda, korelasi linier beiganda, koefisien
dateiminasi dan uji hipotesis yang dilakukan diketahui bahwa:
Analisa mengeiai pengaruh personal selling terhadap paiingkatan jumlah pemegang
polis dengan menggunakan biaya sebagai indikator yaitu biaya training taiaga
poijual dan biaya operasional diketahui persamaan regresi berganda : Y = 247,6613
-11,9905 X, +12,0722 . Dari hasil pengolahan data analisis korelasi berganda,
diperol^ nilai 0,929. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh yang kuat, searah dan
positif antara biaya yang menunjaiig personal sdling daigan tingkat penjualan. Dan
nilai koefisioi determinasinya (CD) 86,47 artinya biaya yang moiunjang personal
selling memiliki kontribusi terhadap peningkatan volume penjualan sebesar 86,47
%. Dari nilai peihitungan uji hipotesis dan nilai diketahui bahwa
^hituag^ y^tu 44,74 > 3,69. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan
bahwa personal selling mempunyai pengaruh terhadap paiingkatan jumlah
pemegang polis pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cab. Bogor.
Promosi personal selling yang dilakukan perusahan sudah cukup baik, karoia
didalam personal selling Ibih mendetail dalam m^jalaskan produk yang ditawarkan
oldi perusahaan, maka sebaiknya kegiatan personal selling ini dipert^ankan dan
terus dikembangkan lagi agar penjualan perusahaan terus meninglmt dari tahun ke
tahun yang akan datang