Abstract:
RINA HOLIDAR. NPM 021105214. Pengaruh Pengembangan Pasar Terhadap
Peningkatan Penjuaian Pada PT. Sariguna Primatirta. Dibawah bimbingan: OKTORI
K. ZAINI dan SRI PUDJAWATI.
Perusahaan modem dewasa ini hams cerdas dalam memikirkan misi bisnis dan
strategi pemasaran. Hal ini diiakukan agar para pengusaha dapat mempertahankan
usahanya dan dapat bersaing dengan usaha lain. Untuk itu para pengusaha hams memiliki
strategi yang tepat agar usahanya dapat terus berkembang ditengah persaingan yang
semakin pesat.
Pengembangan pasar adalah salah satu usaha perusahaan dalam mencarti pasar bam
yang kebutuhannya dapat dipenuhi dari prcduk yang ada dengan tujuan untuk
meningkatkan penjuaian perusahaan. Dengan latar belakang alasan tersebut, maka tujuan
dari penelitiuan yang diiakukan adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan
pasar, seberapa besar peningkatan penjuaian serta pengaruh pengembangan pasar
terhadap peningkatan penjuaian pada PT. Sariguna Primatirta.
Metode analisis yang digunakan dalam pengolahan data adalah analisis regresi dan
korelasi berganda dimana X, = biaya promosi, X 2 = biaya distribusi dan Y = penjuaian.
PT. Sariguna Primatirta adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi air
minum dalam kemasan (AMOK), packaging, printing dan minuman beraroma dengan
merek ANDA. Peusahaan ini sudah berskala nasional dan memasarkan produknya
keberbagai propinsi di indonesia dan memiliki karyawan sebanyak 1335 orang.
Pengembangan pasar yang diiakukan oleh PT. Sariguna Primatirta yaitu melalui
kegiatan promosi dan distribusi ke berbagai daerah di indonesia.
Berdasarkan perhitiungan analisis regresi dengan program SPSS diperoleh
persamaan regresi Y = 2.427,415 + I0,I80X,+4,47IX2, dimana nilai a = 2.427,415;
berarti jika perusahaan tidak mengadakan pengembangan pasar maka hasil penjuaian
tetap yaitu sebesar 2.427.415 M. b| = 10,180; berarti jika kenaikan Xi (Biaya Promosi)
sebesar Rp.l M dan X,(Biaya Distribusi)= konstan, maka akan meningkatkan
penjuaian sebesar Rp. 10,180 M, bi = 4,741; berarti jika kenaikan Xj (Biaya Distribusi)
sebesar Rp. I M dan X, (Biaya Promosi)= konstan, maka akan menaikkan penjuaian
sebesar Rp. 4,741 M.
Ini berarti pengembangan pasar berpengaruh terhadap peningkatan penjuaian. Adapun
koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,991. ini berarti bahwa 99,1% peningkatan
penjuaian dipengaruhi oleh pengembangan pasar melalui biaya promosi dan biaya
distribusi.
Sedangkan hasil dari uji hipotesis diperoleh nilai sebesar (104,946) lebih
besar dari sebesar (5,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi dan distribusi
secara bersama - sama berpengamh positif terhadap peningkatan penjuaian pada PT.
Sariguna Primatirta.