Abstract:
ASRI ERIKASARI. NPM 021104272. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Bogor Juanda. Dibawah
Bimbingan: BUKTIGINTING dan YETTY HUSNUL HAYATI.
Fungsi pelayanan hams merencanakan kegiatannya dengan jalan sama seperti usaha
strategis lainnya, jika ia hendak tnewujudkan potensinya. Pertama ia haras membagi
pasamya dalam segmen; kedua ia haras mengenall kekuatan dan kelemahannya sendiri
terhadap saingan dan akhirnya ia haras mengembangkan strategi untuk mencapai
sasarannya. Kualitas layanan dari suatu perusahaan diuji pada setiap layanan saingannya.
Para pelanggan membentuk harapan akan layanan dari pengalaman masa lalu, promosi
dari mulut ke mulut, dan ikian. Pelanggan membandingkan layanan yang dirasakan
dengan layanan yang diharapkan. Jika layanan yang dirasakan jatuh di bawah layanan
yang diharapkan, pelanggan akan kecewa. Jika layanan yang dirasakan sama atau
melebihi harapan pelanggan, pelanggan akan dengan senang hati menggunakan produk /
jasa yang disediakan perusahaan itu lagi.
Bank Mandiri adalah salah satu bank terbesar di Indonesia dengan memiliki
jaringan lebih dari 240 cabang dan 700 ATM di selurah Indonesia serta tergabung dalam
jaringan ATM MANDIRI. Bank Mandiri menyediakan serangkaian jasa keuangan
melalui kantor cabang dan jaringan ATM, phonebanking dan internet banking serta aktif
di sektor UKM/Komersial. Bank Mandiri menyediakan produk dan jasa untuk perusahaan
berskala menengah dan komersial serta menyediakan kepada individu produk-produk
kartu kredit, KPR, deposito, pinjaman dan Layanan perbankan prioritas.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada
PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Bogor Juanda, untuk mengetahui tingkat
kepuasan nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Bogor Juanda, dan
untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT.
Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Bogor Juanda.
Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Bogor Juanda
yang bergerak dalam bidang perbankan. Jenis penelitian adalah Deskriptif (Eksploratif)
dengan metode penelitian adalah Studi Kasus, yaitu penelitian tentang status subjek
penelitian yang berkenaan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keselurahan
personalitas seperti halnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah yang
penulis ambil sebagai objek penelitian dan sebuah personalitas yaitu perusahaan dengan
teknik penelitian yang digunakan adalah Statistik Kuantitatif. Metode analisis yang
digunakan yaitu Chi Square menggunakan Test Friedman untuk menguji hipotesis
komparatif.
Untuk menguji signifikansi ini, maka perlu dibandingkan dengan tabel Chi Square.
Untuk test ini dk = k - 1 = 1. Jadi untuk dk = 1, dan kesalahan a 0,05, maka harga Chi
Square tabel = 13,481.
Hasil perhitungan menggunakan Test Friedman, Harga Chi Square hitung ternyata
lebih besar dari tabel (15,518 > 13,481). Dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hipotesis yang dikemukakan, terlihat bahwa Kelima indikator pelayanan
mempunyai hubungan yang kuat dengan kepuasan nasabah. Jenis pelayanan yang paling
disukai oleh nasabah dalam rangka meningkatkan kepuasan nasabah adalah jenis
pelayanan Terukur yang meliputi disain eksterior dan interior, penampilan karyawan, dan
keramahan karyawan Bank Mandiri karena jumlah score rangkingnya paling tinggi yaitu
495. Dari pembehasan dapat dilihat bahwa ada hubungan yang nyata antara pelayanan
dengan kepuasan nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Bogor Juanda.