Abstract:
ULUM NPM 021101081. penganih Kebijakan Haiga Jual Teihadap Penin^tan Hasil
Penjualan Air Mineral Pada PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPI, Tbk. Di bawah
bimbingaa: IBU SRI HARTINI dan BU SRI PUDJAWATI.
Kebijakan meiupakan salah satu hal yang hams dilakukan oldi perusabaan
teihadap haiga jual karena dengan diberikannya kebijakan teihadap haiga jual Hiharapkan
hasit penjualan daii produk yang diproduksi oleh peiusahaan dapat meningkat.
Tujuan daii penelitian ini adaiah sebagai beiikut : Untuk mengetahui kebijakan
haiga jual yang dilakukan oldi PT. AQUA GOLDEN MISSISSPPI, Tbk, Ibtuk
meng^ahui bagaimana penjualan air mineral pada PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPI,
Tbk, seita Lbtuk mengetahui penganih haiga jual teriiadap poiingkatan hasil penjualan
pada PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPI, Tbk.
Jenis penelitian yang penulis lakukan yaitu penelitian verifikatif dengan
menggunakan metode penelitian explanatory survey, seita teknik penditian yang
digunakan yaitu penelitian statistik ku^titatif. Metode analisis nya menggunakan metode
analisis regresi beiganda dan koefisien penentuan ( CD ) sedangkan m^de yang
digunakan untuk menetapkan haiga jual adaiah dengan metode biaya plus ( Cost Plus
Piidng).
Penetapan kebijakan harga jual yang dilakukan oleh PT. AQUA GOLDEN
MISSISSIPPI, berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan perhitungan
kenaikan pertumbuhan harga jual maka dapat diketahui rata — rata pertumbuhan
untuk harga jual kemasan ukuran 200 ml dikatakan kurang baik dengan persoitase
sebesar 11,4 %, sedangkan untuk kemasan ukuran 600 ml juga dapat dikatakan
cukup baik karena nilai rata - rata kenaikan harga jualnya sebesar - 3,5 %.
Penjualan air mineral pada PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPI, Tbk
imtuk kemasan ukuran 200 ml mengalami kenaikan sebesar 11,09 % hal ini dapat
dikatakan bahwa kenaikan penjualan cukup baik, sedangkan untuk kemasan
ukuran 600 ml mengalami kenaikan sebesar 12,87 % maka hal ini dapat dikatakan
kenaikan penjualan cukup baik.
Dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisis statistik regresi
berganda maka diperoleh hasil sebagai berikut: Y = 819.137.972,1 - 1.771,8.X1
+1.769,8.X2 dari ha^ persamaan regresi berganda tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa kebijakan penetapan harga jual yang dilakukan oleh PT.
AQUA GOLDEN MISSISSIPPI, Tbk baik walaupim nilai r = 0,37 kecil,
sedangkan untuk penjualan air mineral kemasan ukuran 200 ml mengalami
kenaikan sebesar 89 % dan untuk kemasan ukuran 600 ml juga mengalami
kenaikan sebesar 115 %. Dari kesimpulan tersebut maka dapat dikatakan bahwa
terdapat pengaruh antara kebijakan harga jual terhadap peningkatan ha^
penjualan air mineral yang disebabkan oleh nilai F hHimg sebesar 0,71 lebih besar
dari Ftabd sebesar 0,45