Abstract:
SISKA ASTRJNI. NPM 021102021. Pengaruh Diskriminasi Harga Berdasarkan Lokasi
.. terhadap Peningkatan Penjualan Minuman Ringan Sari Asem pada CV Triangle Bogor,
Dibawah Bimbingan: USMAN ZAKARIA dan YETTY HUSNUL HAYATI.
Harga suatu barang atau jasa merupakan penentu bagi permintaan pasamya dapat
mempengaruhi posisi persaingan perusahaan dan juga akan mempengaruhi market share nya. Untuk menetapkan suatu kebijaksanan tingkat harga, biasanya perusahaan
melakukan berbagai strategi untuk menguji pasamya, apakah menerima atau menolak
produknya. Salah satu strategi adalah dengan menetapkan harga yang berbeda untuk
konsumen atau pelanggan, dikenal dengan istilah " diskriminasi harga
Dengan melakukan strategi diskriminasi harga, diliarapkan perusahaan dapat
meningkatkan hasil penjualan produk yang dipasarkan, karena dengan harga yang
berbeda dapat memberikan nilai lebih pada konsumen sehingga konsumen akan merasa
diuntungkan. Tentunya hal tersebut tidak mengorbankan kwalitas produk, malah kalau
mungkin kualitas ditingkatkan sehingga konsumen puas.
Kepuasan konsumen akan menyebabkan konsumen loyal atau setia, sehingga akan
terus menggunakan produk tersebut dan perusahaan akan dapat memperoleh keuntungan
dan lebih efisien, Sebagai diketahui bahwa usaha mempertahankan konsumen lama yang
loyal lebih murah biayanya dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkan konsumen
baru.
Adapiin tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaliui pelaksanaan
diskriminasi harga berdasarkan lokasi pada CV Triangle Bogor, untuk mengetahui tingkat
penjualan Minuman Ringan Sari Asem pada CV Triangle Bogor, dan untuk mengetahui
pengaruh diskriminasi harga berdasarkan lokasi terhadap peningkatan penjualan
Minuman Ringan Sari Asem pada CV Triangle Bogor.
Penelitian ini dilakukan di CV Triangle adalah perusahaan yang bergerak dalam
usaha pengolahan minuman ringan Sari Asem. Jenis penelitian adalah Deskriptif
(Eksploratif) dengan metode penelitian adalah Studi Kasus, yaitu penelitian tentang status
subjek penelitian yang berkenaan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan
personalitas seperti halnya pengaruh diskriminasi harga berdasarkan lokasi terhadap
peningkatan penjualan Minuman Ringan Sari Asem yang penulis ambil sebagai objek
penelitian dan sebuah personalitas yaitu perusahaan dengan teknik penelitian yang
digunakan adalah Statistik Kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis
regresi berganda, korelasi serta uji hipotesa.
Dari data penjualan tersebut dapat dilihat bahwa penjualan Sari Asem dari tahun ke
tahun mengalami peningkatan, pada tahun 2004 penjualan Sari Asem mengalami
peningkatan sebesar 14,92% dari tahun 2003. Sedangkan pada tahun 2005 mengalami
peningkatan sebesar 8,69%. Pada tahun 2006 peningkatan penjualan sebesar 6,06% serta
tahun 2006 penjualan Sari Asem mengalami peningkatan sebesar 22,23%. Rata-rata
peningkatan penjualan Sari Asem pada CV. Triangle dari tahun 2003 sampai tahun 2007
adalah sebesar 10,38%, rata-rata penjualan ini masih di bawah target perusahaan yang
telah ditetapkan, yaitu sebesar 20%. Oleh karena itu perusahaan melakukan berbagai cara
agar dapat mencapai target penjualan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Nilai koeiisien determinasi (CD) = 0,5910 berarti ada kontribusi antara
diskriminasi harga terhadap peningkatan hasil penjualan produk sebesar 59,10%,
sedangkan sisanya sebesar 40,90% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.
Karena F|,i,„„g (1,45) > Fiabci (1,04) maka pada tingkat nyata 0,05 Ho ditolak dan
menerima Hi berarti ada hubungan antara diskriminasi harga terhadap peningkatan
penjualan.