Abstract:
DANY AHMAD RAMDHANI NPM 021104104. Pengaruh Diferensiasi Produk Mie Terhadao
Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Bakmii Japos Cabang Bogor. Dibawah bimbingan : IBU
OKTORI K.ZA1NI dan IBU SRI PUDJAWATl.
Perkembangan dunia usaha yang terjadi sekarang ini menimbulkan berbagai perubahan.
Perubahan tersebut menjadikan peAembangan yang nengakibatkan persaingan dunia usaha
semakin ketat. Bukan hanya bagi perusahan besar saja tetapi bagi restoran sekalipun. Untuk
menciptakan diferensiasi produk dan memuaskan keinginan konsumen, maka pemsahaan hams
bisa membuat inovasi-inovasi bam sekaligus mengoptimalkan pelanggan. Dengan menyadari akan
peluang ini pengusaha Bakmi Japos Cabang Bogor melakukan eksplorasi mie guna menciptakan
citarasa yang khas dan sebagian berorientasi pada rasa atau kelezatannya, juga didukung oleh
aspek kesehatan dan kebersihan. Restoran Bakmi Japos yang memiliki banyak cabang waralaba,
tentu banyak memiliki pesaing di kota-kota tempatnya membuka cabang. Restoran yang
mempakan pesaing dari Bakmi Japos Cabang Bogor yang terdeteksi sebagai competitors adalah
Bakmi Langgara di Jalan Sawojajar, Bakmi Tebet di Jalan Padjajaran, dan Bakmi Jogja di Jalan A.
Yani. Untuk memenangkan persaingan, pemsahaan hams mampu memberikan kepuasan kepada
pelahggannya, misalnya dengan memberikan harga dengan murah, mengubah desain, rasa,
kemasan, dan pelayanan yang lebih baik daripada pesaingnya dalam memuaskan keinginan
konsumen
Diferensiasi adalah kelompok barang itu berbeda jika terdapat fector-faktor penting yang
dapat membedakan barang dari seorang penjual lainnya, factor-&ktor tersebut sangat penting
dapat menimbulkan selera yang berbeda-beda pada para pembeli. Kepuasan konsumen adalah
hasil akumulasi dari konsumen dalam menggunakan produk dan jasa. Kepuasan adalah sebagai
persepsi terhadap produk atau jasa yang telah memenuhi harapannya. Pengaruh diferensiasi
produk mempal^n suatu usaha dalam membah dan memperbahami semua produk dimana
pemsahaan tersebut dapat memberikan kepuasan pada konsumennya
Untuk mengetahui diferensiasi produk mie yang dilakukan Bakmi Japos cabang Bogor
dan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk mie terhadap tingkat kepuasan konsumen di
Bakmi Japos cabang Bogor.. variabel yang diteliti adalah tentang diferensiasi produk sebagai
variabel X (independent) dengan indikator yang terdiri dari bentuk. Keistimewaan, mutu keija,
daya tahan, keandalan, daya tahan, gaya/style, dan kepuasan konsumen sebagai variabel Y
(dependen). Jenis Penelitian yang digunakan adalah Verifikatif. Studi ini bertujuan untuk menguji
kebenaran bahwa ada pengaruh antara diferensiasi produk terhadap tingkat kepuasan konsumen
pada Bakmi Japos Cabang Bogor. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah
Explanatory survei, yaitu metode yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang umumnya
memerlukan penelitian yang menjelaskan fenomena dalam hubungan antara variaber diferensiasi
produk dengan kepuasan konsumen. Teknik penelitian yang di gunakan statistik analisis kualitatif
yaitu teknik penelitian yang dapat diukur atau dinilai dan dapat dihitung.
Untuk mengetahui apakah diferensiasi produk dapat berpengamh terhadap kepuasan
konsumen, maka dilakukan statistik Chi-Square dengan perhitungan SPSS.