Abstract:
SILVI FEBRIANI 021119147. Daya Tarik Wisata dan Pengaruhnya terhadap Keputusan
Berkunjung pada Objek Wisata di Desa Pancawati. Skripsi Prodi Manajemen Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: DR. H. HARI
MUHARRAM, S.E., MM dan FREDI ANDRIA, STP, MM. 2023.
Suatu objek wisata dapat dikatakan memiliki daya tarik wisata jika kriteria
keunikan,keindahan, atau makna tertentu dimiliki oleh objek tersebut. Penelitian ini
difokuskan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung
dengan teori 4A yang akan diterapkan yaitu Atraksi, Aksesibilitas, Amenity, dan Ancillary.
Keputusan untuk mengunjungi objek wisata adalah hal yang mendasar Hal ini erat kaitannya
dengan perilaku konsumen. Cenderung mempengaruhi harga, lokasi, dan fasilitas saat
mengunjungi keputusan Pengunjung menunjukkan bahwa pusat informasi wisata harus
melakukan ini Pertimbangkan aspek perilaku konsumen, terutama proses pengambilan
keputusan pembelian.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan responden yang pernah melakukan
kunjungan terhadap objek wisata di Desa Pancawati. Pemilihan responden dilakukan dengan
metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan perhitungan rumus
Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara dan metode analisis
data menggunakan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya dua indikator dari daya tarik wisata yang
mempunyai pengaruh bermakna secara parsial yaitu atraksi dan ancillary terhadap keputusan
berkunjung wisatawan dalam mengunjungi obyek wisata di Desa Pancawati. Atraksi memiliki
nilai t hitung sebesar 2,455 dan ancillary memiliki nilai t hitung sebesar 2,478, Hal ini
menunjukkan bahwa atraksi dan ancillary pada daya tarik wisata di Desa Pancawati
memberikan kenyaman serta terpenuhinya kebutuhan wisatawan saat berkujung.
Kata kunci : Daya tarik wisata, keputusan berkunjung, atraksi, aksesibilitas, amenity, ancillary