Abstract:
ELDA ZULFINA. 021103337. Analisis Brand Image Terhadap Persepsi
Konsumen Air Dalam Kemasan Pada PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk.
Dibawah bimbingan:
OKTORIKISWATI dan SRI PUDJAWAH
Salah satu produsen air minum dalam kemasan yang paling besar serta
memillki merek y^g terkenal adalah PT. Aqua Golden Mississppi, Tbk. , yang
berkantor pusat dijln. Pulo Lentut No.3 Polu Gadung, Jakarta Timur. Saat ini,
PT. Aqua Golden Mississppi, Tbk., telah bergabung dengan Group Danone dan
meiupakan produsen air minum dalam kemasan terbesar di Indonesia bahkan di
Dunia dengan ljuta titik distribusi yang dapat diakses oleh penggunanya diseluruh
Indonesia. B^yaknya produsen air minum dalam kemasan berakibat maiHn
bany^ya pilihan yang dihadapi oleh konsumen, maka akan semakin ketat
persaingan dimana produsen ingin menarik konsumen sebanyak-banyaknya
melalui berbagai macam strategi terutama untuk meningkatkan brand image
didalam benak konsumen.
Perusahaan melakukan berbagai upaya dalam image konsumen alcan
adwya suatu merek tertentu melalui berbagai macam strategi yang meiyadi
indicator brand image yaitu iklan, publisitas, harga dan kualitas produk itu
sendiri.
Tujuan produsen melakukan berbagai upaya menciptakan brand Image
yang tinggi diupayakan agar merek tersebut dapat menjadi yang utama dibanding
merek-merek yang sejenis lainnya serta agar merek tersebut dapat menjadi
pembeda dengan merek air minum dalam kemasan lainnya sehingga dapat
menjadi persepsi bagi konsumen dalam melakukan pembelian produk.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis tertarik untuk
melakukan penelitian dengan judul" Analisis Brand Image Terhadap Persepsi
Konsumen Air Minum Dalam Kemasan Pada PT. Aqua Golden Mississppi, Tbk".
Dengan pokok permasalahan bagmmana tingkat Brand Image PT. Aqua Golden
Mississppi, Tbk. Serta bagaimana hubungan analisis Brand Image terhadap
persepsi konsumen air minum dalam kemasan pada PT. Aqua Golden Mississppi,
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dari persepsi konsumen
terhadap merek 36.45% sangat setuju, 3405% setuju, kualitas 40% sangat setuju,
38.75% setuju, sumber air yang digunakan 45.2% setuju, 38075% sangat setuju,
reputasi responden 36.25% setuju, kemasan 41% setuju, mudah diperoleh A6.S2%
sangat setuju, 41.25% setuju, promosi(iklan) 44% setuju, kesegarannya 41.25%
setuju.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan Chi-Square terhadap
indikator-indikator brand image maka dapat disimpulkan bahwa brand image
mempunyai hubungan terhadap persepsi konsumen sebesar 66.7% (6/9 x 100%)
dari indikator yang digunakan