Abstract:
Winda Noviyanti Putri. 021115068. Hubungan Antara Citra Merek dengan Proses Keputusan Pembelian (Studi Kasus PT. Sinar Sosro pada Mahasiswa Universitas Pakuan). Pembimbing: Ferdisar Adrian dan Nizam M. Andrianto. 2020.
Industri minuman di Indonesia telah berkembang dengan pesat, hal ini menyebabkan kondisi persaingan dunia bisnis dewasa ini semakin hari bertambah ketat, sebagai dampak dari maraknya kemunculan industri yang ada maka bisnis harus secara kreatif membuat pencitraan yang baik agar dapat menarik konsumen. Pada masa modern seperti sekarang ini banyak orang menginginkan teh dengan cara yang lebih praktis, yaitu dapat di konsumsi kapan saja dan di mana saja. Minat masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi teh dalam kemasan yang cukup besar menjadi peluang bisnis bagi para pengusaha untuk memasuki industri minuman teh siap minum dalam kemasan. Pasar teh dalam kemasan terus tumbuh, seiring dengan peningkatan konsumsi teh dalam kemasan, produk-produk dari teh dalam kemasan itu sendiri semakin meningkat jumlah dan persaingannya. Saat ini industri teh dalam kemasan terus memiliki potensi pasar yang terus menaik, tetapi Teh Botol Sosro yang merupakan market leader dalam industri teh dalam kemasan saat ini justru mengalami penurunan penjualan dan Brand Index.
Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan hubungan antara citra merek dengan proses keputusan pembelian Teh Botol Sosro pada Mahasiswa Universitas Pakuan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian explonatory survey. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Pakuan. Metode penarikan sampel dengan cara Proportional random sampling dengan toral responden sebanyak 100 orang dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Metode analisis yang digunakan adalah metode Rank Spearman dengan menghitung melalui program SPSS 23.
Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa hasil analisis koefisien korelasi dengan menggunakan Rank Spearman memperoleh nilai sebesar r = 0,797. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif dan kuat antara citra merek dan proses keputusan pembelian Teh Botol Sosro pada Mahasiswa Universitas Pakuan.
Kata Kunci: Citra Merk, Proses keputusan pembelian