Abstract:
AZHAR RIZIQ TSABIT. 021119061. Analisis Faktor-Faktor Kepuasan Pengguna Aplikasi Dompet Digital Dana (Studi Kasus : Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Dibawah bimbingan : OKTORI KISWATI ZAINI dan BAYU DWI PRASETYO. 2023.
Perkembangan teknologi yang sangat pesat mendorong adanya digitalisasi dalam bidang bisnis termasuk dalam bidang keuangan. Sistem pembayaran modern sudah memasuki era keuangan digital dengan moda pembayaran E-Money atau yang dikenal di Indonesia dengan istilah dompet digital. Sebagai negara berkembang tingkat pertumbuhan pengguna teknologi dan internet di Indonesia termasuk salah satu yang besar. Berkembangnya aplikasi Dana sebagai dompet digital tentunya hal tersebut tidak terlepas dari apa yang telah diberikan oleh aplikasi dana kepada penggunanya. Sesuatu yang diberikan oleh aplikasi dana untuk pengguna adalah kualitas pelayanan, kualitas produk, emosional dan harga. Empat faktor tersebut sangat penting bagi aplikasi dana agar dapat bersaing dengan dompet digital yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kepuasan pengguna aplikasi dompet digital dana dan menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi dompet digital dana pada Mahasiswa/I Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan.
Penelitian ini mengenai analisis faktor-faktor kepusan pengguna aplikasi dompet digital dana menggunakan data primer dan data sekunder dengan jumlah responden sebesar 100 responden sampel dipilih menggunakan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Butir pernyataan di uji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi dompet digital dana yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, kualitas harga dan faktor emosional. Faktor yang paling menentukan kepuasan pengguna aplikasi dompet digital dana yaitu kualitas pelayanan dengan hasil rata-rata 82% yang berarti kualitas pelayanan merupakan faktor yang paling menentukan kepuasan pengguna aplikasi dompet digital dana.
Kata Kunci : Kulaitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kualitas Harga dan Faktor Emosional