Abstract:
ADRIAN TETRANO GUT AM A, NPM : 021103217. Pengaruh Infomiasi
Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Mobil Nissan Pada PT. Indosentosa Trada Di
bawah bimbingan: SRI HARTINI dan YETTY HUSNUL HAYATI
Selling dotgan kemeyuan dunia usaha dan perkembangan jaman yang semakin pesat,
dan diikuti pula dengan perkonbangan ilmu pengetahuan dan tdcnologi yang sudab semakin
canggth, oleh karaia itu perusahaan yang sanggup menghad^i perub^an tersebut sangat
diperlukan ilmu pengetahuan dan kemampuan yang memadai, mer^a akan dapat menghad^i
p^eijaan dengan lebih baik lagi.
Didalam dunia usaha kita ketahui bahwa untuk mempertahankan usaha, apalagi usaha
t^^ut adalah dalam bidang automotif hal ini sangat diperlukan pengenalan produk terhadap
calon konsumen, salah satu cara perusahaan dalam memperoleh data penjualan melalui
informasi pemasaran. Informast pemasaran ini dq>at membantu perusahaan dalam
mengetahui peningkatan penjualan produk diperusahaannya. Informasi pemasaran ini terdiri
dari biaya penolahan data dan biaya pengumpulan data, ^mana dengan cara ini pousahaan
akan mengetahui peningkatan penjualan produk pada perusahaan, yang khususnya penjualan
mobil.
Berdasarkan uraian tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian guna
mengetahui apakah informasi pemasaran pada PT Indosentosa Trada memiliki pengaruh
terhadap peningjcatan penjualan mobil Nissan.
Ad^un metode penelitian yang digunakan dalam pembahasan skripsi ini adalah
metode Explanatory Survey, Yaitu metode yang bertujuan untuk menguji hipotesis, yang
merupakan penelitianyang menjelasakan fenomena dalam bentuk pengaruh antar vaiiabel.
Tehnik penelitian yang digunakan adalah statistic inferensial yaitu regresi dan korelasi yang
digunakan untuk menganalisis keeratan pengaruh dua ^^abel atau lebih, kemudian koehsien
dterminasi yang dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan uji F pada taraf signitikan
0,05.
Rata-rata Pertumbuhan biaya informasi yang diukur dari biaya pengolahan data dan
bisQra pengumpulan data adalah s^esar 10% yang berarti cukup baik.
Dari hasil perhitungan dapat dikatakan bahwa pertumbuhan penjualan mobil Nissan
telah mengalami kenaikan yang tidak begitu besar yaitu sdiesar 12,6% yang berarti bahwa
penjualan mobil nissan cukup baik.
Hasil dari analisa diperoldt persamaan r^resi
= 23803060.899—100970.4075^, +1807200.835^ Dari hasil pengolahan data analisis
korelasi bergands^ diperoleh nilai 0. 388. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang tidak kuat,
searah dan positif antara biaya informasi pemasaran dengan tingkat penjualan. Dan nilai
koefisien detominasinya (CD) 15% artinya biaya yang menunjang segmentasi pasar memiliki
kontribusi terhadap peningkman volume penjualan sebesar 15% sisanya 85 % dipengaruhi
oleh faktor lain. Dari nilai perhitungan uji hipotesis Dari nilai perhitungan uji hipotesis
Pjwiwig t'®" diketahui bahwa f y^hi 4.45 > 3,69 . Dari hasil
tersdjut dapat diambil kesimpulan bahwa Informasi Pemasaran memiliki pengaruh terhadap
peningkatan penjualan mobil Nissan pada PT. Indosentosa Trada.