Abstract:
Tm SULASTRI. NPM 021103039. Poigaruh Dlskriminasi Harga Terhadap Peningkatan
Hasil Peojualan Produk Es Pada PT.Agionesia Divisi Industri Es Departemen Pabrik Es
Saripetojo Bogor. Di bawah bitnbtngan SRI HARTINI dan SRI PUDJAWATI.
Ketatnya kompetisi pasar pada perekonomian di Indonesia saat ini, memaksa
perosahaan - perusahaan baik swasta maupun milik pemerintah untuk merumuskan suatu
strategi yang efektif dan efisien agar bisa bertahan (survive) dipasar. Bukan hanya produk
yang dikeluaikan oleh perusahaan itu mesd bersaing dengan perusahaan lokal, ataupun
dengan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan internasional yang sudah lebih mapan
dan memiliki nama besar, tetapi perusahaan harus mampu untuk mencapai tujuan
utamanya yaitu meningkatkan hasil penjualan.
Tujuan dari penelitian yang diambil adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui
bagaimana Penerapan Diskriminasi Haiga yang di lakukan Pada PT.AGRONESIA divisi
es Saripetojo Bogor. Untuk mengetahui Seberapa besar Peningkatan Penjualan Produk es
Pada PTAGRONESIA divisi es Saripetojo Bogor. dan Adakah Pengaruh yang Signiiikan
Antaia Diskriminasi Harga Pada PTAGRONESIA divisi es Sarip^jo Bogor Teriiadap
Peningkatan Hasil Penjualan.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu menggunakan Verifikatif
dengan metode penelitian explanatory survey. Selain itu teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang terdiri dari
wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi korelasi beiganda
yang digunakan untuk menetahui pengaruh antara apa yang diharapkan dengan kenyataan
yang teijadi pada perusahaan.
Berdasaikan hasil dan pembahasan yang telah dikemukakan, penulis menarik
kesimpulan bahwa diskriminasi harga yang lakukan oleh PT.Agronesia divisi industri
es departemen pabrik es saripetojo bogor telah beijalan dengan kurang baik, hal tersebut
dapat dilihat dari besamya persentase kenaikan harga yang dilakukan pada wilayah Bogor
dan wilayah Depok, masing - masing wilayah mengalami kenaikan harga rata - rata
sebesar 21%. Hubungan diskriminasi harga terhadap peningkatan hasil penjualan dari
perhitungan dan perbandingan, di peroleh rata - rata h^il penjualan sebelum dilakukan
diskriminasi harga yaitu sebesar 9,17%, sedangkan rata - rata hasil penjualan setelah
dilakukannya diskriminasi harga mengalami kenaikan yaitu sebesar 15,2%, dan dapat
disimpulkan bahvva perusahaan lebih baik menggunakan strategi disl^minasi ha^a
karena dapat meningkatkan hasil penjualan produk es balok. Dari hasil persamaan regresi
diperoleh Y = 2114,80 + 2481,47 - 704,72, artinya jika dilakukan diskriminasi harga
pada wilayah Bogor dan wilayah Depok maka penjualan Y= 2481,47 - 704,72 = 1776,75
maka penjualan naik menjadi 2114,80 + 1776,72 = 3891,55 dan terdapat hubungan yang
kuat poshif antara diskriminasi harga terhadap peningkatan hasil penjualan sebesar r 0,99
dengan uji hipotesis 5% n = 10 (2,3060 ) seh^gga 1140,7 > 2,3060