Abstract:
NENENG ULIYA. NPM 021104106. Efektivitas Pengelolaan Piutang untuk
Meningkatkan Pendapatan Perusahaan pada PT. Goodyear Indonesia Tbk. Bogor.
Dibawah bimbingan EDHIASMIRANTHO dan YUDHIA MULYA.
Setiap perusahaan past! menginginkan kegiatan usahanya dapat beijalan
dengan balk, salah satu usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk
meningkatkan penjualan adalah dengan piutang, ardnya pembayaran bisa
dilakukan dengan jangka waktu tertentu yang sudah disep^ti oleh l»dua belah
pihak yaitu penjual dan pembeli dengan cara kiedit. Bagi kebanyakan perusahaan,
piutang merupakan pos yang penting karena menq>akan aktiva lancar perusahaan.
PT. Goodyear Indonesia Tbk, merupakan perusahaan yang bergerak dalam
bidang Industri Ban yaitu : untuk kendaraan bermotor, pesawat terbang,
komponen lain yang terikat, Penyaluran dan Ekspor Ban serta Perdagangan.
PT. Goodyear Indonesia Tbk berlotesi di jalan pemuda No. 27 Bogor 16161. nilai
penjualan bersih pada PT. Goodyear Indonesia Tbk selama periode tahun
2004 - 2007 selalu mengalami peningkatan. Sedangkan piutang usaha selama
periode tahun 2004 - 2007 berflul^tif. Pada tahun 2004 • 2005 piutang menurun
sebesar Rp. 87.970.385, sedangkan pada tahun 2005 - 2006 piutang mengalami
peningkatan menjadi Rp. 93.434.743. Salah satu metode imtuk mengumpulkan
piutang adalah menggunakan metode Account Receivable Turnover. Average
Collection Period dan teknik A^ng Schedule. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui efektivitas pengelolaan piutang untuk meningkatkan
pendapatan perusahaan pada PT. Goodyear Indonesia Tbk sehingga tujuan dari
perusahaan akan tercapai dengan baik. Untuk penelitian skripsi ini jenis penelitian
yang digunakan adalah deskriptif eksploratif, dengan Metode penelitiannya yaitu
studi kasus dimana metode ini bertujuan untuk menguji hipotesis dengan teknik
penelitian menggunakan statistik kuantitatif.
Basil penelitian doigan menggunakan Accoimt Receivable Turnover dan
Laverage Collection Period adalah sebagai berikut ; pada tahun 2004 berputar
sebanyak 8,3 kali dan pengumpulan piutangnya 45 hari, pada tahun 2005 berputar
sebanyak 9,9 kali dan pengumpulan piutangnya 40 hari, pada tahun 2006 berputar
sebanyak 10 kali dan pengumpulan piutangnya mencapai 36 hari, dan pada tahun
2007 piutang berputar sebanyak 11 kali dengan pengumpulan piutangnya
mencapai 32 hari. Apng Schedule di tahun 2005 persentase piutang pada periode
1-30 hari sebesar 90.44 %, periode 31-60 hari 4.42 %, periode >60 hari 5.14 %.
Pada tahun 2006 persentase dari periode 1-30 hari sebesar 58.38 %, periode 31-60
hari 0 %, dan periode >60 hari 14.62 %. Pada tahun 2007, persentase periode 1-30
hari 96.95 %, periode 30-60 hari 2.29 %, dan periode >60 hari 0.78.
Langkah-langkah yang hams dilakukan PT. Goodyear Indonesia Tbk, yaitu
melakukan pengawasan yang lebih ketat dan mampu mengendalikan piutang pada
setiap umur piutang perusahaan, temtama pada umur piutang yang telah mencapai
60 hari. Dan dalam pengelolaan piutang, pousahaan dapat memberikan denda
kepada pelanggan yang terlambat membayar kewajibannya dari waktu yang telah
disepakati.