Abstract:
SULAIMAH. NPM 021103315. Peianan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pesanan
Dalam Penentuan Haiga Jual Teriiadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Nandya
Kaiya Pericasa. Di bawah bimbtngan: EDHIASMIRANTHO dan PATAR SIMAMORA.
Dalam mempertahankan keberlangsungan hidup, setiap perusahaan harus mampu
bersaing. Agar perusahaan dapat bersaing dan terus berkembang, salah satu cara yang
hams ditempuh perusahaan adalah menciptakan produk berkualitas dengan harga jual
yMg bersaing dan selalu mempeihatikan keinginan konsumen. Manajemen dituntut untuk
bijaksraa ^am mengambil suatu keputusan agar tidak memgikan pelanggan atas produk
yang dihasill^ dan dapat menguntungkan perusahaan itu sendiri, maka manajemen harus
dapat memilih altematif atas beber^ masalah yang perlu dipertimbangkan dengan balk
dalam mengambil keputusan untuk produksi maupun penjualan. Pengelolaan yang baik
mempakan salah satu cara bagi perusahaan untuk memperoleh laba yang maWi'mai
Sementara laba tersebut dipengaruhi oleh beber^ faktor utama yaitu harga jual produk,
biaya-biaya dan volume penjualan. PT. Nandya Kaiya Peikasa adalah perusahaan
manu&ktur yang proses produksmya berdasarkan spesifikasi pesanan yang beigerak
dalam bidang produksi suku cadang otomotif, salah satunya adalah produk capfitelpier.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perhitungan harga pokok produksi
pesanan dalam penwituan harga jual, mengidentifikasi tingkat volume penjuala serta
untuk mengetahui peranan perhitungan haiga pokok produksi pesanan dalam penentuan
harga jual terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. Nandya Karya Peikasa.
Perhitungan harga pokok produksi pesanan, menggunakan pendekatan JW/ costing
dan variable costing dengan menentukan tarif overhead ditentukan di muka terlebih
dahulu. Untuk mengalokasikan biaya semivariabel teriiadap biaya tetap dan variabel guna
mempermudah perhitungan dalam variable costing, digunakan metode least square
dengan persamaan Y = a + bx. Ad^un penentuan harga jual menggunakan metode cost
plus pricing (harga normal) dengan menambahkan persentase mark-up di atas biaya.
Perabahan harga jual per unit searah dengan pembahan harga pokok produksi dan
sesuai dengan perabahan jumlah unit yang dipesan. Harga jual cap pel pier yang
ditentukan PT. Nancfya Karya Perkasa (Rp5.246) berada drkisaran harga jual rata-rata
pendekatan pll ctating (F^.5.247) dengan harga jual rata-rata pendekatan variable
costmg ^p.4.8S3). Untuk menciptakan harga jual yang mampu bersaing, perusahaan
masih bisa menurunkan harga jualnya sesuai dengan harga jual dengan pendekatan
varieAle costmg. Dengan demikian, perhitungan haiga pokok produksi pesanan dalam
penentimn harga jual pada PT. Nandya Karya Pericasa dinilai cukup baik. Jika
A'bmdingkan antara >// costmg dengan variable costing, kedua metode tersebut sama
barknya. Akan tetapl, penggunaan metode tersebut harus disesuaikan dengan kebijakan
perusahaan. Metode variable costing lebih tepat digunakan perusahaan untuk menerobos
suata pasar (pasar pesaingan sempuma), karena harga yang terbentuk lebOi rendah
sehingga mampu bersaing.
Perubahan volume penjualan berhanding terbalik dengan perabahan harga jual dan
berbanding luras dengan perubahan unit pesanan (penjualan). Perubahan jumlah unit
yang dipesan akan mempenganihi perabahan harga pokok produksi yang terbentuk,
tericait dengan komponeai bi^a-bi^ yang dibebankan kepada masing-masing pesanan
Sehin^ har;^ jualnya akan ikut berubah. Begitu juga dengan volume penjualan,
perabahan unit penjualan dan harga jual akan mempenganihi volume penjualan. Dengan
demikian terlihat jelas bahwa peranan perhitungan harga pokok produksi pesanan Haian.
penentuan harga jual berpengarah secara signifikan teriiadap tingkat volume penjualan.