Abstract:
DEWF SRI REJEKI. 021100269. Pcnganih Pcngcnibangan Produk Baru Parfunt Tcrhadap
Pcningkatan S'olumc Pcnjuaian PT Monica Hijau Lcstari. Dibawah Bimbingan: SRI
HARTINI dan YETTY HUSNUL.
Pcngcinbangnn produk incrupakaii salali situ altcmatif dalain sinilcgi pcniasaran yang
diiujukaii uiuuk pcrbaikuii dari produk yang diluisilkan dari suatu pcnisaliaan \'ang telali ada
doiigan jalan incnainbali \ariasi dan ancka mgiini dari produk icrscbut. Produscn dapat
nicnciplakiin dcsiin yang saina sckali bani alau incnipakiin pcngcinb:ing:ia dari yang sudali adsi di
inana pcngenibangan dcsain produk tni dapat dilakukan olch inisiatil pcrusaiiaan scndiri dan dapat
Juga dari pcnniniaan pclanggan. Bcrdasarkan data PT Monica HIJau Lestari dikctalmi bahua biaya
pcngenibangan produk incngalaini peningkaian tiap laliuiuiya. tctapi lidak diikuti dengan
pcnjuaian yang inengiilanii fluktuasi (naik turun). Secara leori bila biaya pcngenibangan produk
incningkat inaka pcnjuaian pun akan incngalaini pcningkataa tctapi yang ada sebaliknya. Dari gap
tcrscbut inaka ada kcnuingkinan pada saat itti adanya pciuinman tingkai pcinbclian disainping
faktor pcsaing juga sangat incinpcngarulii pcnjuaian.
Bcrdasarkan uraiiui tcrscbut diaias. inaka pcnulis suigat tcrlarik untuk mclakukan
pcnclitian incngcnai pcngenibangan produk yang dilakukan olcli PT Monica Hijau Lestari >-ang
diaplikasikan dalani bcniiik skripsi dengan judul : "Pcngaruli pcngenibangan produk bam parTuin
tcrlvidap peningkaian volume pcnjuaian PT Monica Hijau Lestari" dengan tujuan miluk
incngctaluii pcngenibangan produk bam parfuin yang dilakukan olch PT Monica Hijau Lestari
scna untuk incngctaliui pcngaruli pcngenibangan produk bam parfuin tcrliadap peningkaian
N'oliiine pcnjuaian pada PT Monica Hijau Lestari.
Untuk nicnciptakan suatu produk yang bcrkiialitas. menarik, dan variasi yang Icbih banyak
scsuai dengan kcbutulian dan sclera konsumcn. inaka PT. Monica Hijau Lestari mclakukan stiatcgi
pcngenibangan produk dengan mcmperiiatikan faktor biaya yang tcrdiri dari biaya riset. biaya
design dan biaya quality control. Bcrdasarkan luisil periiitungan biaya rata-iata tersebut inaka
dapat dikctaiiui baliwa liasil yang dipcrolcli scbcsar 19%. ini mcniinjukkan rata-iata biaya
pcngenibangan produk sudah baik.
Bcrdasarkan liasil olalian program statistik SPSS i'. II.5 makadiperolcli pcrsainaan regcsi;
Y = 12944708.61)4 -f- 4.646.\l + 6.640X2 - 5.58 L\.» dengan nilai kocfisicn korclasi linear
bcrganda scbcsar 0.799 scrta Coefisien Deteniimaiion (R Squara atau juga yang discbut dengan
kocfisicn pcncntu dipcrolcli scbcsar 0.6.19 yang artinya sebesir 6.1.9% liasil pcnjuaian dapat
ditcniukan old) pcngcmbangaii produk niclalui biaya risct. biaya design, dan biaya quality control.
Scdangkaii sclcbilinya scbesir .16.1% dipcngamlii faktor lainnya yang tidak tcrdapat dalani model
ini. Pada pcngujiaii iiipotcsis bcrdasarkan liasil olalian SPSS v. 11.5 dikctaiiui baluva nilai F liilung
pada tanif nyata 0.05 adalali 200.142 scdangkan nilai F tabel scbcsar .1.26. nuika F liitung > F
label. Dengan dcmikian. HO : ditolakdaii HI ditcriiiia. Dapat disimpulkan baliwa \-ariabel XI. X2
dan .\.i sccara bcrsaina-saina meinang bcrpcngamli sccara positif tcrliadap V. Dengan dcmikian.
faktor pcnjclas biaya risct. biaya design, dan biaya quality control dapat digunakan untuk
incniprcdiksi pcnjuaian.