Abstract:
SUSY HAGUSTIANl. NPM 021103189. Pengaruh Komunikasi Terhadap Kepuasan
Kerja Kaiyawan Pada PT. Sepatu Mas Idaman. Dibawah bimbingan: Bapak KARMA
SYARIF Dan Bapak MUHAMAD JAMIL.
Perusahaan merupakan suatu sistem organisasi usaha yang didalamnya teijadi
interaksi antar berbagai manusia dengan latar belakang yang berbeda-beda yang bekeija
sama untuk mencapai tujuan organisasi. Agar dapat mencapai tujuan organisasi tersebut,
diperlukan suatu iklim keija sama yang baik antar anggota organisai itu sendiri. Salah
satu Mtor yang perlu diperhatikan guna mencapai tujuan organisasi yaitu hams ada
komunikasi yang baik didalam organisasi tersebut. Dengan adanya komunikasi dua arah
yang terjadi antara atasan dan kaiyawan, diharapkan kaiyawan termotivasi untuk lebih
giat dalam mengeijakan pekerjaannya selain itu dengan adanya komunikasi yang teijalin
dengan baik diharapkan akan memberikan kepuasan keija kaiyawan temtama dalam hal
yang menyangkut aspirasi kaiyawan kepada pemsahaan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengamh
komunikasi terhadap kepuasan keija kaiyawan pada PT. Sepatu Mas Idaman. Dimana
penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya komunikasi serta kepuasan keija kaiyawan
didalam suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif dengan
metode penelitian explanatory stayey, serta tehknik penelitiannya adalah statistik
kuantitatif. Metode analisis yang digunakan penulis adalah analisis korelasi rank
spearman, analisis koefisien penentu, dan uji hipotesis.
Hasil analisis koefisien korelasi rank spearman diperoleh niiai r^ = 0,753 yang
berarti adanya hubungan yang kuat dan positif antara komunikasi dengan kepuasan kega.
Hasil analisis koefisien penentu diperoleh nilai Kp = 56,7%, jadi besamya
kontribusi komunikasi dalam mempengamhi kepuasan keija kaiyawan sebesar 56,7%. Ini
menunjukan bahwa kondisi kepuasan kerja kaiyawan dipengamhi komunikasi sebesar
56,7%, dan sebesar 43,3% dipengamhi oleh faktor lain.
Pada pegujian hipotesis diperoleh nilai to (= 7,928) > ta (= 1,645) maka Ho diitolak
dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang nyata antara komunikasi dengan
kepuasan kega kaiyawan pada PT. Sepatu Mas Idaman.