FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Pengaruh Investment Opportunity Set, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2021

Show simple item record

dc.contributor.author Agustina, Agnes
dc.date.accessioned 2024-02-05T03:02:19Z
dc.date.available 2024-02-05T03:02:19Z
dc.date.issued 2023-07-24
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7991
dc.description.abstract AGNES AGUSTINA. 022119127. Pengaruh Investment Opportunity Set, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2021. Di bawah bimbingan: MONANG SITUMORANG dan ASEP ALIPUDIN. 2023. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang terkait erat dengan harga sahamnya. Hal ini lantas menjadi ukuran keberhasilan suatu manajemen perusahaan dalam kemampuannya mensejahterakan para pemegang sahamnya. Nilai perusahaan merupakan suatu hal yang penting bagi investor karena dapat menunjukkan kinerja perusahaan, yang nantinya akan memengaruhi penilaian investor pada perusahaan. Terdapat faktor–faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan diantaranya investment opportunity set, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Tujuan dari penelitian untuk menguji pengaruh investment opportunity set, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan sampel sebanyak 21 perusahaan dari populasi 80 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey. Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 23, metode statistik uji analisis deskriptif meliputi nilai minimum, maksimum, mean, standar deviasi, dan jumlah data penelitian, uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, uji hipotesis yaitu regresi linear berganda serta uji koefisien uji t, uji F dan R square. Pengujian secara parsial dengan uji t mendapatkan hasil investment opportunity set berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian secara simultan atau uji F yaitu investment opportunity set, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara bersama–sama berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: investment opportunity set, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan en_US
dc.description.sponsorship Monang Situmorang - Asep Alipudin en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject investment opportunity set, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan en_US
dc.title Pengaruh Investment Opportunity Set, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account