Abstract:
MUHAMMAD HAMDL 0211G0287. Pcnganih Diferensiasi Produk dan Promosi Tcrhadap
Basil Fcnjualan Rumah Mungil Pada PT. Kuripan Raya. Dibawah Bimbingan: BUKTI
GINTn^G dan YETTY HUSNUL
Properti nasional saat ini memang menunjukan pertumbuhan yang sangat nv^akinkan, hal
ini tegadi karena properti sedang bangldt setelah mengalami penuninan yang signifikan pada masa
krisis. Pertumbuhan yang positif ini tentunya didorong dengan semaldn membaiknya ekonomi
Tndnni^a^ stabilitas poUtik dan iklim investasi yang kondusif. Jumlah penduduk yang besar
tentunya akan selalu menimbulkan masalah yang lumit, terutama di daer^ metropolitan sepeti
Jakarta, Dcpok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (JADEBOTABEK). Dengan angka pertambahan
penduduk 4,1% pert^un yang mengakibatk^ pertambahan penduduk makin meningkat
jumlahnya. Kebutuhan ma^-arakat akan rumah yang layak, sehat, igaman, aman dan baldcan
harganya yang teqangkau bagi maqrarakat menengah ke bawah merupakan pcluang bisnis bagi
perusahaan properti, sehingga otomatis akan menimbulkan persaingan di antara perusahaan
..properti di dalam menawarkan produkiQra.
Sebuah pousahaan bila ingin memenangkan persaingan pasar hams mcmbuat dan
menciptakan strategi atau terobosan yang bam, dimana strategi tersebut akan dapat membedakan
produk perusahaan dengan produk perusahaan lain yang menjadi pe^gnya, sehingga perusahaan
mempunyai segmentasi pasar tcrsendiri. Melihat keadaan demikian menyebabkan perusahaan
periu tnftngarinkan diferensiasi produk guna memberi pembedaan^jembedaan terhadap komponen komponen kompetitif sehingga mampu mcmbcrikan nilai tambah dan hams menciptakan image di
masyarakat bahwa produk yang dihasilkannya memiliki "Brand Power" dibandingkan den^
produk sejenis perusahaan laia Selain strategi diferensiasi produk, promosi menjadi begitu penting
di Haiam aktivitas pemasaran karena dapat berpengaruh iangsung terhadap minat konsumen untuk
membeli suatu produk tertentu, atau akan dapat meraperluas daerah pemasaran, sehingga tujuan
perusahaan temtama tujuan kegiatan pemasaran dalam usaha mening^tkan hasil penjualan akan
dapat tereapaL Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti dan membahas
lebih melalui penulisan skripsi yang begudul: "Pengaruh diferensiasi produk dan promosi
terhadap hasii penjualan rumah mungil pada PT. Kuripan Raya" dengan tujuan penelitian: 1)
untuk mengetahui pelaksanaan diferensiasi produk pada PT. Kuripan Raj^ 2) imtuk mengelahui
pelaksanaan promosi pada PT. Kuripan Raya, dan 3) untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan
diferensiasi produk dan promosi terhadap hasil penjual^ pada PT. Kuripan Raya.
Penelitian ini bersifat verilikatif dengan metode penelitian explamatory survey. Sedangkan
teknik penelitian yang digunakan ndalah statistik inferensial dengan metode regresi dan korelasi
linear berganda
Realisasi hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y = -1.059.050,97 + 2,78 xl +
153,23 x2 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,968. Sedangkan nilai koefisien pen^tu
(Coefisien of Determination) diperoleh sebesar 0,937, ini berarti menunjukkan bahwa diferensiasi
produk dan promosi memberikan kontribusi terhadap hasil penjualan sebesar 93,7% dan sisa^
sebesar 6,3% dipengaruhi oleh faktor - faktor lainnya yang tidak terdapat dalam model ini.
Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pada taraf njuta sebesar 0,05 atau pada tingkat
keyakinan 95% dengan nilai F tabel 4,96 sedangkan nilai F hitung yang diperoleh 66,954. Jadi F
liitung (66,954) > F tabel (4,96). Dengan demikian Ho ditolak dan HI ditcrima. Dapat ditarik
kesimpulan baliwa memang terdapat pengaruh yang signifikan antara diferensiasi produk dan
promosi dengan pcningkatan hasil penjualan pada PT. Kuripan Raya.
Kata kunci: Diferensiasi produk, promosi, dan hasil penjualan