FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Analisis Pengaruh Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.author Shintya, Mella Nur
dc.date.accessioned 2024-01-04T14:21:49Z
dc.date.available 2024-01-04T14:21:49Z
dc.date.issued 2017-07-27
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7719
dc.description.abstract Mella Nur Shintya, 022113329, Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor. Analisis Pengaruh Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dibawah bimbingan: Drs. Monang Situmorang, Ak., M.M, dan Lia Dahlia Iryani, SE., M.Si. Tahun 2017. Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atau keuntungan. Dengan demikian setiap perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan profitabilitasnya, karena semakin tinggi tingkat profitabilitas suatu perusahaan maka kelangsungan hidup perusahaan tersebut akan lebih terjamin. Leverage dan Penjualan merupakan kriteria penting untuk menilai profitabilitas perusahaan dan merupakan indikator utama atas aktivitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh Leverage (DAR) terhadap Profitabilitas (ROA) pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI, (2) Untuk menganalisis pengaruh petumbuhan penjualan terhadap rofitabilitas (DAR) pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI, (3) Untuk menganalisis pengaruh Leverage (DAR) dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas (ROA) pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Sampel data di uji dengan menggunakan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t, uji F dan R2 dengan menggunakan SPSS versi 21. Sampel penelitian yang digunakan adalah tiga perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI selama tahun 2010-2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertumbuhan Penjualan secara parsial (uji t) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas (return on assets), sedangkan leverage (debt to assets ratio) secara parsial memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap (return On Assets). Dari penelitian ini juga diketahui bahwa secara simultan (uji F) leverage (debt to assets ratio) dan Pertumbuhan Penjualan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas (return on assets). Nilai R Square adalah 46,6%, ini berarti bahwa 46,6% dari Profitabilitas (return on assets) dapat dijelaskan oleh variabel independen (leverage dan pertumbuhan penjualan). Sedangkan sisanya 53,4% dijelaskan oleh variabel lain atau sebab-sebab lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas en_US
dc.description.sponsorship Monang Situmorang - Lia Dahlia Iryani en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas en_US
dc.title Analisis Pengaruh Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account