Abstract:
FARHAN RAHMAIDIL FADLI. 021119059. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Perilaku
Konsumen Terhadap Penggunaan QRIS Sebagai Alat Tranksaksi Digital. Di bawah
bimbingan : FERDISAR ADRIAN dan ERIK IRAWAN SUGANDA. 2023
Pada saat sekarang ini teknologi berkembang begitu pesat sehingga untuk memperoleh
informasi terbaru dan terlengkap tidaklah sulit. Terbukti dengan adanya internet mampu
memberikan kemudahan dan kenyamanan pada manusia untuk memperoleh informasi,
berkomunikasi, serta berbelanja secara cepat dimanapun dan kapanpun. Budaya cashless
adalah trend dimana masyarakat lebih memilih untuk melakukan transaksi tanpa uang tunai
dan menggunakan teknologi pembayaran digital seperti kartu kredit, e-wallet, atau aplikasi
pembayaran mobile. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan responden para
penduduk yang berdomisili di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat dengan rentang usia 15
– 44 tahun yang memiliki smartphone dan menggunakan QRIS. Pemilihan responden
dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 150 responden berdasarkan pada
perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode
analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa
indikator pengetahuan dan sikap merupakan indikator paling dominan bagi konsumen dalam
mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan QRIS sebagai alat transaksi digital
dengan nilai rata – rata sebesar 657. Berdasarkan hasil uji tabulasi silang dengan uji chi square pada faktor budaya, faktor sosial, faktor personal, dan faktor psikiologis dan hasil
faktor paling dominan bagi konsumen dalam mempengaruhi perilaku konsumen dalam
menggunakan QRIS sebagai alat transaksi, yaitu faktor sosial x faktor personal yang
memiliki nilai uji chi-square sebesar 186,078.
Kata kunci : Perilaku Konsumen, QRIS, Tranksaksi Digital