Abstract:
MELIYANI. 021117079. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Menghadapi
Persaingan Bisnis Pada Keripik Singkong Miacih Snack (Studi Kasus: Desa Situdaun). Di
bawah bimbingan : YETTY HUSNUL HAYATI dan HASRUL. 2022.
Akibat dari terjadinya pandemi Covid-19 banyak perusahaan mengalami penurunan
penjualan serta pendapatan yang siginifikan. Hal ini disebabkan oleh aktifitas perdagangan
yang lebih rendah akibat kebijakan pemerintah. Namun disaat yang sama, Miacih Snack
yang merupakan salah satu UMK di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Bogor justru
mengalami kenaikan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada pemasaran keripik singkong Miacih Snack
serta untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran keripik singkong Miacih Snack.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Pemilihan responden dilakukan secara purposive sampling yang merupakan pemilik dari
keripik singkong Miacih Snack. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,
dan studi pustaka. Dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa usaha keripik singkong Miacih Snack
berada dalam kuadran II (Growth and Build) atau dapat disebut divisi tumbuh dan
membangun. Dalam hal ini kuadran II mengejar pertumbuhan dalam keuntungan, pangsa
pasar, dan tujuan primer lain. Growth oriented strategy merupakan situasi yang sangat
menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat
memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah
mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Strategi yang perlu diambil adalah
mendukung pertumbuhan melalui peluang dan kekuatan.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT