Abstract:
ANJALLY ANANDA PUTRI. 021119264. “Evaluation of Comprehensive Marketing
Strategy For Rafif Teknik’s Furniture”. Di bawah bimbingan: OKTORI KISWATI
ZAINI dan FREDI ANDRIA. 2023.
Pertumbuhan industri furniture yang mengalami peningkatan dan jumlah usaha
baik bersakal mikro, kecil, menengah dan besar memiliki jumlah yang banyak
mengindikasikan persaingan semakin ketat. Dalam persaingan tersebut setiap usaha
memiliki strategi pemasaran yang merupakan sebuah rencana yang disusun untuk
menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan
keinginan pelangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
strategi pemasaran yang telah dilakukan Rafif Teknik sebagai salah satu usaha mikro
yang beregrak dalam bidang furniture dan menganalisis kondisi industri furniture.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan pada usaha custom
furniture Rafif teknik dengan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 5
orang responden yang dipilih dengan metode non probability dengan teknik purposive
sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
eksploratif. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis VRIO untuk
strategi pemasaran yang telah digunakan dan analisis porter’s five force dengan
delphie technique. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi promosi yaitu google
ads dan pensonal selling, dan juga kemampuan pekerja ahli dalam pembuatan produk
Rafif Teknik memiliki keunggulan kompetitif jangka panjang. Selanjutnya dalam
penenilaian kondisi persaingan industri furniture mendapatkan skor 3,6623 dengan
kategori sedang atau tingkat persaingan yang cukup tinggi.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis VRIO, Porter’s Five Force, Delphie
Technique