Abstract:
ALIFINA KHAIRANI ZAHRATUS SAADAH. 021119405. Keputusan Pembelian Barang
Secara Kredit Pada Konsumen CV. Intan Jaya Sebagai Akibat Dampak Interactive Marketing
Dan Customer Trust”. Di bawah bimbingan: HARI MUHARAM dan FREDI ANDRIA, 2023.
Maraknya masyarakat yang berminat untuk bertransaksi secara kredit juga membuat banyak
perubahan kondisi ekonomi, bahkan saat ini bukan hanya barang mewah saja tetapi di dalam
lingkungan kecil yang hanya sekadar barang rumah tangga pada umumnya juga mereka
membeli secara kredit.Oleh karena itu pembelian barang secara kredit melalui jasa lembaga
pembiayaan merupakan salah satu alternatif yang bisa dijadikan pilihan oleh konsumen.
CV.Intan Jaya Kredit sendiri adalah sebuah perusahaan dengan jenis angsuran elektronik yang
bertujuan mempermudah kepemilikan segala macam kebutuhan baik kebutuhan rumah tangga
ataupun kebutuhan usaha. Dengan menggunakan sistem angsuran harian, mingguan, bulanan.
Bertujuan untuk membantu mewujudkan kepemilikan ragam kebutuhan
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan teknik kuantitatif, Interactive
Marketing dan Customer Trust sebagai variabel X (independent) dan keputusan pembelian
sebagai variabel Y (dependent), Konsumen CV. Intan Jaya Kredit dan juga pekerja atau
karyawan adalah unit analisis atau responden. Metode pengambilan sampel menggunakan
teknik probability sampling, yaitu pengambilan sampel acak sederhana atau simple random
sampling. Berdasarkan rumus Slovin, maka dalam penelitian ini jumlah sampel yang
dibutuhkan adalah sebanyak 100 orang responden. Pengumpulan data dilakukan melalui
kuesioner dan pengumpulan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis
deskriptif serta analisis SEM-PLS.
keputusan pembelian merupakan hal yang digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan
strategi pemasaran yang akan dilakukan. Bertujuan guna mengetahui strategi Interactive
Marketing seperti apa yang digunakan oleh perusahaan sehingga menimbulkan Customer
Trust lalu menjadikan adanya keputusan pembelian barang secara kredit ini meningkat.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap pengaruh interactive marketing
mengalami peningkatan sebesar satu satuan maka, customer trust akan mengalami
peningkatan sebesar 46,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa interactive marketing
mempengaruhi keputusan pembelian melalui Customer trust berpengaruh secara positif dan
signifikan, dapat dilihat secara langsung dalam praktik serta kinerja dilapangan bahwa kedua
factor ini memang salah satu yang berpengaruh dalam keputusan pembelian.
Kata Kunci : Interactive marketing, customer trust, kredit barang, keputusan pembelian