Abstract:
KEISA ARIBA KAMAL. 021119179. Upaya Peningkatan Penjualan Kedai Sushi Imaji
Melalui Pengembangan Digital Marketing. Di bawah bimbingan: Fredi Andria, STp., MM.
dan Aditya Prima Yudha, S.Pi., MM, 2023.
Era 4.0 yang kompetitif, para pelaku usaha, terutama usaha mikro dan UMKM, perlu
menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Pemasaran
secara digital menjadi semakin penting, terutama dalam bidang kuliner yang telah menjadi
gaya hidup masyarakat. Pertumbuhan industri makanan dan minuman juga menunjukkan
peningkatan yang signifikan. Teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan
kemudahan dan meningkatkan kualitas pemasaran digital. Persaingan yang ketat
mengharuskan pengusaha menggunakan strategi pemasaran dan media yang tepat untuk
meraih pasar dan meningkatkan penjualan. Konsumen juga semakin mudah mendapatkan
informasi dan melakukan transaksi online. Digital marketing merupakan inovasi baru dalam
dunia pemasaran, di mana produk atau jasa dipromosikan melalui platform digital dan
internet. Digital marketing di Indonesia terus berkembang seiring dengan adanya
peningkatan pengguna internet.
Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian
asosiatif. Responden penelitian ini adalah para konsumen Kedai Sushi Imaji. Pemilihan
responden dilakukan menggunakan metode purposive sampling, dengan total 100 responden
yang dihitung berdasarkan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner
dan wawancara, dan analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif serta analisis
Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara variabel laten digital
marketing (accessibility, credibility, entertainment, informativeness, interactivity, dan
irritation) dengan penjualan pada Kedai Sushi Imaji. Hasil analisis menunjukkan bahwa
aspek accessibility, entertainment, dan irritation tidak memiliki pengaruh yang signifikan
secara statistik terhadap penjualan. Namun, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
credibility, informativeness, dan interactivity terhadap penjualan. Tingkat kepercayaan
pelanggan, ketepatan informasi, dan interaksi dua arah antara Kedai Sushi Imaji dan
konsumen mempengaruhi peningkatan penjualan. Penelitian ini juga menghasilkan nilai R square sebesar 86,4% untuk variabel endogen penjualan, menunjukkan bahwa variabel
eksogen digital marketing secara signifikan mempengaruhi penjualan pada Kedai Sushi
Imaji.
Kata kunci: digital marketing, penjualan