Abstract:
Syifa Hayatun Nufus. 021119203. Kajian Strategi Marketing Mix Baraka Bakery dalam Upaya
Peningkatan Penjualan. Di bawah bimbingan : FREDI ANDRIA dan SALMAH. 2023.
Banyaknya industri makanan dan minuman yang bermunculan dapat mengakibatkan tingkat
persaingan di dunia bisnis semakin meningkat. Melihat pesatnya perkembangan industri roti,
inovasi untuk menghasilkan produk yang sesuai dan bernilai tambah dapat menjadi pilihan
konsumen. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang efektif untuk dapat bertahan
dan menghadapi persaingan. Selain itu, Strategi pemasaran yang tepat akan mengoptimalkan
penjualan. Salah satu strategi yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan
adalah strategi marketing mix. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis
marketing mix Baraka Bakery. (2) Untuk menganalisis penjualan roti Baraka Bakery. (3)
Untuk menganalisis strategi marketing mix yang dapat meningkatkan penjualan Baraka
Bakery.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penarikan sampel menggunakan Non
Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Analisis data menggunakan matriks SWOT dan
AHP dengan bantuan Software Expert Choice 11.
Hasil dari penelitian ini menggunakan AHP untuk mengetahui alternatif strategi yang
dihasilkan dari matriks SWOT. Prioritas alternatif strategi tertinggi adalah WO, maka strategi
WO yang dapat dilakukan adalah menciptakan varian baru baik dari bentuk ataupun rasa agar
tidak monoton dan dapat meningkatkan jumlah produksi dengan melakukan konsep pre order.
Memanfaatkan dan memaksimalkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok untuk
membuat konten, meningkatkan kreatifitas, inovasi dan mempromosikan produk guna
memperluas jaringan distribusi. Mengoptimalkan promosi melalui media sosial maupun
secara langsung dan memanfaatkan lokasi yang berdekatan dengan pemukiman penduduk dan
pusat keramaian dengan memberikan kualitas produk yang baik, harga terjangkau, promo
menarik dan service yang baik terhadap konsumen.
Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, SWOT, AHP.